Sukses

Tuberkulosis, Bek Chelsea Pernah Dirawat di Kota Final Liga Champions

Porto akan menjadi tuan rumah final Liga Champions 2020/21 antara Manchester City vs Chelsea, Minggu (30/5/2021) dinihari WIB. Bagi bek Chelsea, Thiago Silva kota di Portugal itu ternyata punya tempat spesial.

Liputan6.com, Porto - Porto akan menjadi tuan rumah final Liga Champions 2020/21 antara Manchester City vs Chelsea, Minggu (30/5/2021) dinihari WIB. Bagi bek Chelsea, Thiago Silva kota di Portugal itu ternyata punya tempat spesial.

Ya, di Porto lah Thiago mendapat perawatan tuberkulosis yang mengancam kariernya. Hal tersebut terjadi pada musim 2004/05 saat Thiago baru berusia 20 tahun.

"Saya punya kamar di Porto dan menjalani pemulihan di sana," kata Thiago seperti dilansir situs resmi Chelsea.

Thiago Silva ketika itu baru menginjakkan kaki di Eropa dan masuk tim Porto B. Kesulitan beradaptasi, ia lalu dipinjamkan ke klub Rusia, Dinamo Moskow.

Siapa sangka di Rusia, karier Thiago justru menukik. Di sana lah Thiago didiagnosis menderita tuberkulosis hingga akhirnya harus kembali ke Porto.

Di Porto, Thiago menjalani perawatan. "Spesialis tuberkulosis merekomendasikan saya berjalan setengah jam hingga saya lelah di pagi hari, lalu mulai lagi," kata Thiago.

 

Saksikan Video Chelsea di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perlahan Sembuh

Thiago mengakui pada awalnya ia kesulitan menjalani terapi. Namun perlahan, ia pulih dan memutuskan kembali ke Brasil.

Di tanah kelahirannya, Thiago membangun kembali kariernya di lapangan hijau hingga berhasil direkrut AC Milan.

Kini Thiago kembali ke Porto dan siap merengkuh trofi Liga Champions. "Sulit mengekspresikan ini semua dengan kata-kata," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Jadwal Final Liga Champions

Minggu (30/5/2021)

02.00 WIB, Manchester City vs Chelsea

Live SCTV

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.