Sukses

Elkan Baggott Batal Gabung Timnas Indonesia di Dubai

Apa alasan Elkan Baggott gabung Timnas Indonesia?

Liputan6.com, Dubai - Elkan Baggott batal bergabung dengan Timnas Indonesia untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Pemain Ipswich Town itu urung bergabung karena pembatasan perjalanan yang diterapkan Inggris.

"PSSI sudah berkomunikasi dengan Elkan Baggott. Dia menyatakan tidak dapat bergabung bersama timnas Indonesia untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai," kata Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi.

"Klubnya sudah menyatakan dia akan bergabung bersama Timnas Indonesia pada 31 Mei. Namun yang bersangkutan tidak bisa berangkat. Menurut Elkan, Dubai termasuk zona merah pandemi Covid-19."

"Dia harus menjalani karantina apabila kembali ke Inggris. Sedangkan klubnya sudah melakukan persiapan pramusim mulai awal Juni mendatang. Terkait hal ini, kami sudah berkomunikasi dengan pelatih Shin Tae-yong," jelas Yunus Nusi.

Timnas melakoni pemusatan latihan (TC) di Dubai sejak 17 Mei untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 hingga pertengahan Juni mendatang.

Saksikan Video Timnas Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Dibelikan Tiket

Sebelumnya PSSI sudah membelikan Elkan Baggott tiket penerbangan London ke Dubai pada tanggal 31 Mei, tepat seusai Ipswich Town membalas surat PSSI.

Dia jadi satu-satunya pemain timnas berbasis luar negeri yang urung melapor. Sebelumnya empat pemain lain yakni Asnawi Mangkualam (Korea Selatan), Egy Maulana (Polandia), Witan Sulaeman (Serbia), dan Ryuji Utomo (Malaysia) datang beriringan.

Belum lama ini Elkan Baggott tampil memperkuat Ipswich Town U-18 pada semifinal FA Youth Cup 2021 melawan Liverpool, 13 Mei 2021. Dia bermain selama 90 menit. Sayang Ipswich Town tumbang 1-2.

 

3 dari 3 halaman

Latihan di Dubai

Timnas datang ke UEA karena AFC memilih negara tersebut sebagai lokasi sentralisasi untuk sisa persaingan Grup G. Skuat Garuda saat ini menempati dasar klasemen grup G setelah selalu tumbang pada lima pertandingan yang sudah dilakoni.

Hanya juara grup dan runner-up yang bakal melangkah ke putaran berikutnya. Posisi tersebut saat ini ditempati Vietnam (11 poin) dan Malaysia (9 poin).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.