Sukses

5 Tim Terbaik dalam Sejarah Liga Inggris

Liga Inggris menghasilkan tim dengan kualitas luar biasa. Mereka kemudian mengukir namanya dalam sejarah kompetisi.

Liputan6.com, Jakarta - Liga domestik terbesar di Eropa, Liga Inggris, tidak pernah kekurangan kejutan atau hiburan. Beberapa pemain dan manajer terbaik di dunia telah menghiasi kompetisi di Negeri Ratu Elizabeth itu.

Liga Inggris menghasilkan tim dengan kualitas luar biasa. Mereka kemudian mengukir namanya dalam sejarah kompetisi.

Ada beberapa tim luar biasa selama bertahun-tahun yang mendominasi Liga Inggris. Siapa saja mereka?

Berikut lima tim terbaik dalam sejarah Liga Inggris seperti dikutip dari Sportskeeda.

 

 

 

Saksikan Video Liga Inggris di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Liverpool (Juara Liga Inggris 2019-20)

Liverpool asuhan Jurgen Klopp telah memenangkan Liga Champions pada musim 2018-19. Tetapi, ada tanda-tanda yang jelas bahwa tim tersebut belum mencapai puncaknya.

Pada 2019-20, Liverpool merebut gelar liga bersejarah, yang pertama dalam tiga dekade dan pertama di era Liga Inggris The Reds tidak terlalu aktif selama jendela transfer musim panas tapi telah membangun tim selama bertahun-tahun yang mampu menantang yang terbaik.

Liverpool sangat mendominasi sehingga finis 18 poin di atas Manchester City yang menduduki posisi kedua. The Reds memang kurang sukses di kompetisi lain, tapi memenangkan Piala Super UEFA dan Piala Dunia Antarklub FIFA musim itu.

Liverpool mencetak banyak rekor Liga Inggris selama musim 2019-20. The Reds mencatat kemenangan kandang terbanyak (24), awal terbaik dalam satu musim di 5 liga top Eropa (26 kemenangan dan sekali imbang dalam 27 pertandingan).

Selain itu, Liverpool juga memenangkan kompetisi dengan rekor tujuh pertandingan tersisa. The Reds tidak terkalahkan di kandang.

Mohamed Salah adalah pencetak gol terbanyak dengan 19 gol untuk juara Liga Inggris terbaru. Adapun bek tengah Virgil van Dijk bersinar di lini pertahanan.

3 dari 6 halaman

4. Manchester United (Juara Liga Inggris 2008-09)

Manchester United adalah kekuatan dominan di Liga Inggris pada akhir 2010-an. Setan Merah meraih tiga gelar juara pada 2008-09.

Didukung penampilan Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney, pasukan Sir Alex Ferguson tidak henti-hentinya meraih sukses di Liga Inggris musim itu. Gol tersebar di seluruh tim, dengan Dimitar Berbatov dan Carlos Tevez memberikan kontribusi berguna di lini depan.

Namun, musim MU berakhir dengan patah hati karena kalah di final Liga Champions dari Barcelona. Setan Merah memang memenangkan Piala Liga dan Community Shield selain Liga Inggris di musim itu.

4 dari 6 halaman

3. Chelsea (Juara Liga Inggris 2004-05)

Jose Mourinho, salah satu pelatih muda paling menarik di dunia sepak bola, tiba di Liga Inggris saat dia ditunjuk sebagai manajer Chelsea. Sang pemilik Roman Abramovich berniat menjadikan Chelsea salah satu klub terbesar di dunia dan tidak takut mengeluarkan uang untuk melakukannya.

Chelsea mengontrak sejumlah pemain. Paulo Ferreira, Petr Cech, Didier Drogba, Arjen Robben, dan Ricardo Carvalho didatangkan pada 2004 untuk menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan.

Chelsea asuhan Mourinho mengumumkan diri mereka dengan cara yang tegas. Mereka memenangkan gelar liga pertama mereka dalam 50 tahun dan dibangun dengan baik.

The Blues mencatat kemenangan tandang terbanyak (15), clean sheet terbanyak (25), dan kebobolan paling sedikit dalam satu musim Liga Inggris (15), di antara rekor lainnya.

Chelsea kemudian memenangkan dua gelar Liga Inggris lagi di bawah Jose Mourinho saat The Blues mengumumkan diri mereka sebagai kekuatan baru di sepak bola Inggris.

 

5 dari 6 halaman

2. Manchester City (Juara Liga Inggris 2017-18)

Dijuluki The Centurions, Manchester City asuhan Pep Guardiola menjadi tim Liga Inggris pertama yang mencetak 100 poin dalam satu musim. Itu adalah salah satu dari banyak rekor yang dibuat The Citizens selama Liga Premier musim 2017-18 yang penuh kemenangan.

Ada keraguan tentang apakah filosofi Guardiola akan membuahkan hasil di Inggris. Namun, eksploitasi City di musim 2017-18 membungkam semua kritiknya.

Manchester City benar-benar kejam dan efisien musim itu. Mereka sudah menghabiskan banyak uang pada musim panas dengan merekrut pemain-pemain seperti Kyle Walker, Benjamin Mendy, Bernardo Silva, Ederson Moraes, dan Aymeric Laporte. Semua pemain ini terbukti menjadi akuisisi vital.

Terlepas dari kesuksesan Liga Inggris, Manchester City juga berjaya di Piala Liga. Sergio Aguero adalah pencetak gol terbanyak dengan 21 gol. Sementara Raheem Sterling, Gabriel Jesus, Leroy Sane dan Kevin De Bruyne juga menikmati musim yang luar biasa.

 

6 dari 6 halaman

1. Arsenal (Juara Liga Inggris 2003-04)

Arsenal tidak terkalahkan selama musim Liga Premier 2003-04. Arsenal pun mendapatkan julukan The Invincibles.

The Gunners mendatangkan penjaga gawang Jens Lehmann dari Borussia Dortmund musim panas itu. Pemain Jerman itu terbukti menjadi perekrutan yang cerdik. Arsenal memenangkan 26 dari 38 laga Liga Inggris, sementara 12 lainnya imbang.

Striker Prancis Thierry Henry, yang dianggap sebagai salah satu pemain terhebat yang pernah bermain di Liga Inggris, mencetak 30 gol dan memenangkan penghargaan Pemain Terbaik dari PFA. Lehmann, Ashley Cole, Robert Pires, Kolo Toure, dan Lauren adalah starter yang konsisten sepanjang musim.

Namun, Arsenal tidak bermain bagus di kompetisi lain di musim itu. Mereka kalah di semifinal di Piala FA dan Piala Liga serta tersingkir dari Liga Champions di perempat final.

Namun, di Liga Inggris, pasukan Arsene Wenger mencatat sejarah. Sebab, mereka menjadi tim pertama yang tidak terkalahkan dalam satu musim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Manchester City sukses mengganggu dominasi Manchester United dalam beberapa musim belakangan karena akusisi yang dilakukan oleh Sheikh Manso
    Manchester City menjadi salah satu klub elite Liga Inggris dalam 1 dekade terakhir

    Manchester City

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Berita Bola