Sukses

Prokes Ketat, Atlet SEA Games 2021 Wajib Dikarantina 14 Hari

SEA Games Hanoi Vietnam, akan berlangsung 20 November hingga 2 Desember 2021.

Liputan6.com, Jakarta Panitia penyelenggara SEA Games 2021 Vietnam tidak ingin kecolongan. Demi menghindari munculnya kasus COVID-19 baru selama kejuaraan berlangsung, mereka pun meningkatkan protokol kesehatan. 

Seperti dilansir dari Antaranews.com,  seluruh atlet yang akan ambil bagian diminta melakukan karantina 14 hari di negaranya masing-masing. Hal itu disampaikan dalam rapat daring South East Asian Games Federation (SEAGF) Council, Selasa, yang dihadiri perwakilan setiap komite Olimpiade nasional (NOC) negara-negara di Asia Tenggara, termasuk Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

“Tanggung jawab diberikan kepada NOC terkait, khususnya dalam mengontrol dan memastikan atlet telah divaksin dan melakukan tes PCR sebelum berangkat dan tiba di sana,” ujar Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (18/5/2021).

Okto, sapaan akrabnya, akan berkoordinasi dengan satuan tugas (satgas) penanggulangan COVID-19 dan federasi olahraga nasional untuk memastikan atlet negatif virus corona sebelum berangkat.

Okto dan perwakilan NOC negara lain juga melaporkan terkait situasi terkini penyebaran COVID-19. Mayoritas negara-negara di ASEAN mengutarakan kasus COVID-19 masih menjadi perhatian serius.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fokus pada Prokes

“Kami menyampaikan bahwa Indonesia concern terhadap penyebaran COVID-19 dan pemerintah Indonesia telah sukses melakukan penekanan yang semangat positif terhadap prestasi olahraga sehingga kiblatnya nanti adalah menyiapkan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032,” ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Rencana Selanjutnya

Sementara itu, panitia penyelenggara SEA Games Hanoi memaparkan rencana persiapan multievent dua tahunan tersebut, di antaranya rencana rapat Chief de Mission (CdM) serta techincal handbook yang akan dibagikan pada 15 Juni hingga tenggat waktu entry-by-name dan entry-by-number atlet.

“Kami mempersiapkan semaksimal mungkin, tetapi keputusan penyelenggaraan SEA Games tetap akan diputuskan oleh pemerintah,” katanya. 

SEA Games Hanoi dijadwalkan berlangsung pada 20 November-2 Desember, dan akan mempertandingkan 520 nomor pertandingan dari 40 cabang olahraga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.