Sukses

Ikut Kualifikasi Olimpiade, Timnas Basket Putri 3x3 Tak Bisa Mudik

Para pemain Timnas basket putri 3x3 Indonesia sudah berlatih sejak 4 April lalu.

Liputan6.com, Jakarta- Kualifikasi Olimpiade Basket Putri 3x3 sudah di depan mata. Timnas Basket Putri 3x3 Indonesia pun terus mempersiapkan diri di GOR Cahaya Lestari Surabaya. Mereka tak bisa mudik saat hari raya Idul Fitri 1442 H.

Para pemain Timnas basket putri 3x3 Indonesia sudah berlatih sejak 4 April lalu. Mereka bakal ikut Kualifikasi Olimpiade Basket Putri 3x3 pada 26-30 Mei 2021 di Graz, Austria.

"Kami serius siapkan tim ini. Bahkan para pemain tidak berhenti latihan saat Lebaran. Mereka terus berlatih karena kita tidak punya waktu lagi untuk bersantai," ungkap Manajer Timnas Basket Putri 3x3 Indonesia Christopher Tanuwidjaja dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/5/2021).

Para pemain terpaksa tidak libur dan pulang ke rumahnya saat Idul Fitri 1442 H karena ketatnya protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Menurut Christopher, para pemain memaklumi dengan kebijakan ini. Jika diterapkan libur dan para pemain keluar dari area latihan maka persiapan akan mengulang dari awal lagi. Mulai dari tes swab PCR kemudian dilanjutkan isolasi mandiri. Ini sebagaimana dilakukan saat awal kumpul.

 

 

Saksikan Video Menarik Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Vaksin

Hal itu hanya akan membuang waktu. Karena isolasi mandiri butuh waktu minimal lima hari. Sementara skuad Timnas sudah harus bertolak ke Austria pada 24 Mei nanti.

"Kini kami sudah mulai fokus pada pemberangkatan. Kami akan lakukan tes PCR pertama sebelum keberangkatan. Namun hanya untuk tiga orang yang belum divaksin seperti Gabriel Sophia, Lea Kahol, dan Dyah Lestari. Akan dilakukan sore ini untuk kemudian disubmit ke FIBA besok," ungkap Christopher. 

Sementara bagi gerbong Timnas Basket Putri 3x3 Indonesia yang sudah divaksin, besok mengumpulkan sertifikat vaksinnya. Dilengkapi juga tes antibodi. Untuk tes ini sudah dilakukan Sabtu kemarin.

"Semua sudah kita test hasil antibodinya per hari Sabtu kemarin dan hasilnya bagus semua. Rencana berikutnya adalah tes PCR kedua sebelum keberangkatan dilakukan pada 22 Mei 2021. Tes kali ini untuk seluruh peserta baik yang sudah vaksin dan yang belum vaksin. Hasilnya akan diserahkan ke FIBA pada 23 Mei nanti," terang Christopher.

3 dari 3 halaman

Pool A

Pada Kualifikasi nanti, Timnas berada di Pool A bersama Prancis, Amerika Serikat, Jerman, dan Uruguay. Menjelang keberangkatan, Dyah Lestari dkk akan bertolak ke Jakarta pada 23 Mei mendatang. 

Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi menjelaskan, sebelum berangkat ke Austria Timnas Basket Putri 3x3 Indonesia akan bermalam di Jakarta. Mereka akan disambut PP Perbasi sebelum berjuang di Austria. Kemudian akan dilepas oleh Ketum dan Sekjend PP Perbasi.

"PP Perbasi akan melepas Timnas Basket Putri 3x3 Indonesia sebelum berjuang di Austria. Semoga ini menjadi penambah motivasi pemain dan menguatkan mental bertanding mereka saat di Austria nanti," ujar Nirmala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.