Juventus Akan Pecat Andrea Pirlo dan Menggantikannya dengan Zinedine Zidane

Oleh Bogi Triyadi pada 13 Mei 2021, 07:30 WIB
Diperbarui 13 Mei 2021, 07:30 WIB
Andrea Pirlo - Juventus - Liga Champions
Perbesar
Pelatih Juventus Andrea Pirlo kecewa usai timnya kalah 1-2 dari Porto pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Estadio Do Dragao, Kamis (18/2/2021) dini hari WIB. (AP Photo/Luis Vieira)

Liputan6.com, Turin - Juventus memecat Maurizio Sarri begitu musim 2019-20 berakhir. Padahal, juru taktik berusia 62 tahun itu membawa Si Nyonya Tua memenangkan Scudetto Liga Italia Serie A.

Juventus kemudian menunjuk Andrea Pirlo sebagai pengganti Sarri. Keputusan tersebut cukup kontroversial karena mantan pemain Timnas Italia itu tidak pernah bekerja sebagai pelatih.

Di bawah asuhan Pirlo, Juventus sangat tidak konsisten musim ini dan saat ini berada di luar zona Liga Champions pada klasemen Liga Italia. Selain itu, Sang Nyonya Tua juga disingirkan Porto di babak 16 besar Liga Champions.

Menyusul kekalahan 0-3 dari AC Milan di Allianz Stadium, Juventus sekarang duduk di posisi kelima klasemen, empat poin di belakang Napoli, tiga poin tertinggal dari AC Milan dan Atalanta.

Meski para eksekutif di Juventus sudah mengonfirmasi akan mempertahankan Pirlo, ada pertanyaan serius tentang posisinya. Lolos ke kualifikasi Liga Champions musim depan sepenuhnya akan menjadi penentu masa depan Pirlo bersama Juventus.

Namun, JuveFC mengabarkan Juventus telah memutuskan untuk memecat Andrea Pirlo. Selanjutnya, raksasa Italia itu akan menunjuk Zinedine Zidane sebagai penggantinya.

 

 

2 dari 4 halaman

Zinedine Zidane

Zinedine Zidane
Perbesar
Zidane geram dengan penalti yang diberikan wasit kepada Sevilla saat imbang lawan Real Madrid (AFP)

Zinedine Zidane tampaknya akan mendekati akhir waktunya di Real Madrid. Juru taktik asal Prancis itu memiliki sisa satu tahun dalam kontraknya dan berjuang dalam perburuan gelar di Liga Spanyol musim ini.

Namun, posisi Zidane tampaknya jauh dari nyaman. Dia harus menjalani musim 2020/21 dengan bagai cedera. Setelah disingkirkan Chelsea di semifinal Liga Champions, dia menatap musim ini tanpa trofi.

Dengan skuat superstar dan pemain muda yang semakin menua, masa depan Zidane di Real Madrid sangat tidak pasti. Zidane dan Presiden Real Madrid Florentino telah membantah bahwa dia akan pergi dari Santiago Bernabeu tahun ini.

Namun, JuveFC melaporkan bahwa Zidane telah ditawari pekerjaan untuk menggantikan Andrea Pirlo. Zidane dijunjung tinggi di Bianconeri, klub tempat dia bermain antara 1996 dan 2001.

 

3 dari 4 halaman

Massimiliano Allegri

Massimiliano Allegri
Perbesar
Massimiliano Allegri adalah seorang pelatih sekaligus salah satu sosok kunci kesuksesan Juventus pada periode 2014 sampai 2019. (AP/Filippo Venezia)

JuveFC juga melaporkan Massimiliano Allegri adalah favorit kuat selain Zidane untuk menggantikan Pirlo. Allegri merupakan mantan pelatih Juventus.

Dia merupakan salah satu pelatih paling sukses. Allegri telah memenangkan 13 gelar utama bersama Juventus - termasuk lima Scudetto berturut-turut. Namun, mantan pelatih AC Milan itu kini berstatus pengangguran setelah dipecat Juventus pada 2019.

JuveFC juga melaporkan bahwa Juventus juga memantau tiga pelatih lain. Mereka adalah pelatih Lazio Simone Inzaghi, pelatih Napoli Genarro Gattuso, dan Sinisa Mihajlovic dari Bologna.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Juventus di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓