Sejak Kecil, Dean Henderson Yakin Bakal Jadi Kiper Nomor 1 di MU

Oleh Defri Saefullah pada 12 Mei 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 12 Mei 2021, 09:00 WIB
FOTO: Kelebihan Dean Henderson dibandingkan David de Gea - Dean Henderson
Perbesar
Dean Henderson lebih unggul dalam hal keberanian keluar dari area aman. Ia lebih sering keluar dari sarangnya untuk mencegah serangan lawan atau disebut keeper sweepings. (AFP/Shaun Botterill/Pool)

Liputan6.com, Jakarta Kiper Manchester United atau MU, Dean Henderson diketahui sebagai kiper yang punya kepercayaan diri yang tinggi. Sifat bagus ini ternyata sudah dimilikinya sejak kecil.

Dean Henderson memulai karier dari Stockport County. Sejak dari klub kecil itu, hingga beberapa kali dipinjamkan ke klub lain, Henderson tak pernah kehilangan rasa kepercayaan diri.

"Dia mudah menyesuaikan permainan dengan tim. Dia hadir sebagai kiper yang percaya diri tanpa harus smbong," ujar eks striker Stockport County, James Marsden seperti dikutip BBC.

"Sejak kecil dia yakin bakal jadi kiper nomor satu di Manchester United."

Setelah lima tahun perkataan itu, harapan Dean Henderson menjadi nyata. Setelah menunggu lama, dia kini jadi kiper utama di MU dan geser posisi David de Gea yang sudah tampil 300 kali lebih di Liga Inggris.

 

2 dari 5 halaman

Senang Adu Fisik

David De Gea, Dean Henderson
Perbesar
Kiper Manchester United, David De Gea (kiri) dan Dean Henderson. (AFP/Laurence GriffithsYus mei)

 

Saat masih main di amatir, Henderson tak pernah ragu adu fisik. Dia tak pernah menghindari benturan dengan striker sekalipun.

"Dia terkadang menjengkelkan. Saat Anda berpikir punya banyak waktu, dia sudah menyergap Anda. Anda mungkin berpikir sudah melepas tembakan yang bakal masuk gawang, tapi dia bisa menepisnya," ujar Marsden.

Dia juga mengenang Henderson bisa membantu seorang striker dengan assist. Itu dilakukannya saat Stockport main di playoff.

 

3 dari 5 halaman

Menikmati Permainan

Manchester United vs West Ham
Perbesar
Penjaga gawang Manchester United Dean Henderson meninju bola selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester United dan West Ham United di Old Trafford, Manchester, Inggris, Minggu, Maret. 14, 2021. (Foto AP / Clive Brunskill, Pool)

 

Henderson dikenal sangat menikmati permainan di klub manapun bermain. Pernah dia main di klub amatir Grimsby Town, tapi masa peminjamannya dipersingkat karena kiper MU Joel Pereira cedera.

"Dia tidak senang karena ingin main. Banyak pemain muda yang mengikuti apa yang klub inginkan untuk mereka, tapi dia memang tahu seperti apa perkembangan kariernya," ujar kapten Grimsby Town, Marcus Bignot.

4 dari 5 halaman

Peringkat

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓