Gonta-Ganti Formasi Terus, Bukti Pirlo Belum Layak Latih Juventus

Oleh Thomas pada 07 Mei 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 07 Mei 2021, 23:44 WIB
Dramatis, 2 Gol Ronaldo Antar Juventus Bungkam Udinese
Perbesar
Pelatih Juventus, Andrea Pirlo menginstruksikan pemainnya saat bertanding melawan Udinese pada pertandingan Liga Italia di di stadion Dacia Arena di Udine, Italia, Senin (3/5/2021). Tambahan tiga poin membuat Juventus naik ke posisi tiga klasemen dengan 69 poin. (Andrea Bressanutti/LaPresse via AP)

Liputan6.com, Jakarta- Keputusan Juventus memakai Andrea Pirlo sebagai pelatih kepala nampaknya merupakan blunder besar. Eks pemain AC Milan itu belum siap menjadi pelatih. Buktinya ada pada kebiasaan Pirlo bongkar pasang formasi.

La Gazzetta dello Sport menganalisa kinerja Pirlo dari awal musim hingga pekan 34 Liga Italia Serie A. Hasilnya terlihat Pirlo tak mampu menemukan kerangka yang pas untuk Juve.

Pirlo kebingungan meracik formasi yang tepat untuk Juventus. Sudah hampir semusim menukangi Juventus, Pirlo masih kebingungan menentukan komposisi yang pas.

Dari 34 pertandingan Liga Italia, secara mengejutkan Pirlo selalu menggunakan komposisi pemain yang berbeda-beda. Tidak sekali pun Pirlo menurunkan starter yang sama di posisi yang sama.

Banyak pemain Juventus yang dijajal Pirlo di posisi berbeda-beda. Contohnya adalah Danilo Luiz yang sering digeser-geser menjadi bek kanan, bek kiri, bek tengah hingga gelandang.

 

 

2 dari 4 halaman

Hancur

Euforia Pemain Juventus Juara Piala Super Italia
Perbesar
Pelatih Juventus, Andrea Pirlo menyaksikan pemainnya bertanding melawan Napoli pada laga Piala Super Italia di Stadion Mapei, Sassuolo, Kamis (21/1/2021). Klub berjuluk Si Nyonya Tua ini sudah 9 kali memenanganinya. (AP Photo/Antonio Calanni)

Prestasi Juventus di bawah asuhan Pirlo memang memprihatinkan. Mereka gagal meraih Scudetto kesepuluh beruntun dan tersisih di 16 besar Liga Champions.

Juventus juga kini malah harus berjuang untuk finis di empat besar Liga Italia yang merupakan batas lolos ke Liga Champions musim depan.

Satu-satunya peluang meraih gelar tinggal di Coppa Italia. Juve lolos ke final dan akan berhadapan dengan Atalanta.

3 dari 4 halaman

Tak Punya Pengalaman

Buruknya kinerja Pirlo tidaklah mengejutkan. Pria Italia itu belum punya pengalaman melatih sama sekali ketika ditunjuk presiden Juventus Andrea Agnelli tahun 2020 lalu.

Awalnya Pirlo disiapkan menjadi pelatih U-23. Secara mengejutkan dan mendadak, Agnelli langsung menaikkan Pirlo ke tim utama usai dipecatnya Maurizio Sarri.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Ini

Lanjutkan Membaca ↓