Sukses

Eduardo Almeida Sepakat Latih Arema FC, Tiba di Indonesia 10 Mei 2021

Liputan6.com, Malang - Arema FC merekrut pelatih asal Portugal, Eduardo Almeida, untuk menangani tim pada musim kompetisi Liga 1 2021. Menurut rencana, Eduardo akan tiba di Indonesia pada 10 Mei.

General Manager Arema FC Ruddy Widodo mengatakan mantan pelatih Semen Padang tersebut dijadwalkan tiba di Indonesia saat Lebaran. Diperkirakan Eduardo akan mulai memimpin latihan perdana usai libur Hari Raya Idul Fitri.

"Keinginan kami memang yang bersangkutan bisa memimpin latihan perdana Arema FC setelah Lebaran," kata Ruddy dilansir Antara.

Ruddy menjelaskan, manajemen Arema FC telah mengirimkan offer letter kepada Eduardo beberapa waktu lalu. Sang pelatih kemudian sepakat dan menandatangani surat tersebut.

Offer letter adalah surat yang di dalamnya berisi minat suatu perusahaan untuk menggunakan jasa seseorang. Jika disetujui, maka akan dilakukan pembicaraan lebih lanjut untuk penandatanganan kontrak.

"Kami sudah kirim offer letter dan yang bersangkutan sudah tanda tangan. Tetapi perlu diingat offer letter ini bukan kontrak meskipun di dalamnya terdapat beberapa rincian yang juga tertuang di dalam kontrak," kata Ruddy.

Saksikan Video Arema FC Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proses Panjang

Ruddy menambahkan, proses merekrut pelatih asing baru harus melewati sejumlah tahapan rumit sampai akhirnya yang bersangkutan tiba di Indonesia. Pertama, klub harus menentukan dulu nama pelatih yang akan ditunjuk.

Kemudian, ada proses pengiriman offer letter, dan manajemen harus menunggu hingga pelatih yang diincar itu memberikan respon. Pada saat offer letter tersebut dikembalikan dengan tanda tangan pelatih, maka ada persetujuan untuk bergabung dalam tim.

"Setelah itu, klub masih harus mengurus visa kepada kantor perwakilan dari negara asal pelatih tersebut di Indonesia. Nanti, sebelum terbang yang bersangkutan juga harus menjalani swab terlebih dahulu," kata Ruddy.

Tiba di Indonesia, pelatih harus menjalani masa isolasi terlebih dahulu karena saat ini tengah terjadi pandemi. Setelah selesai, pelatih tersebut berangkat ke Kota Malang untuk kembali melakukan isolasi mandiri.

"Ada tahapan panjang yang harus dilalui sebelum yang bersangkutan tiba di Indonesia. Berdasarkan perhitungan, Eduardo bisa memimpin latihan perdana (usai libur Lebaran)," kata Ruddy.

3 dari 3 halaman

Komentar Eduardo

Sementara itu, melalui akun Instagramnya, Eduardo Almeida mengaku senang sekali mendapatkan tawaran melatih Arema FC. "Saya akan melakukan yang terbaik, tunggu saya di Malang, salam satu jiwa," tulisnya.

Eduardo bukan wajah baru bagi persepakbolaan Indonesia karena pelatih yang mengantongi lisensi UEFA Pro Licence ini pernah melatih Semen Padang pada musim 2019/2020. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.