Staf MU Dituduh Terlibat Rusuh di Old Trafoord, Begini Jawaban Manajemen Klub

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 04 Mei 2021, 08:30 WIB
Diperbarui 04 Mei 2021, 08:30 WIB
Logo Ilustrasi MU
Perbesar
Suasana di luar kandang Manchester United (MU), Old Trafford. (AFP/Oli Scarff)

Liputan6.com, Jakarta Manchester United atau MU telah merilis pernyataan tentang aksi protes fans Setan Merah yang merangsek masuk ke Old Trafford, Minggu malam WIB, 2 Mei 2021. Kabarnya sekitar 1000 pendukung klub raksasa Liga Inggris ini mendatangi Theater of Dream.

Mereka berunjuk rasa untuk melampiaskan kekesalan mereka terhadap sang pemilik, keluarga Glazers yang membawa klub kebanggaan mereka ke European Super League. Seperti dilansir dari Metro.co.uk, suporter menuntut Glazers hengkang dari MU.

Akibat kejadian ini, laga MU lawan Liverpool yang sedianya kick-off pukul 16:30 waktu setempat dibatalkan, meski sebelumnya diumumkan pertandingan ditunda pada hari itu juga.

Pertandingan itu dibatalkan karena menyangkut masalah keamanan pemain dan staf setelah para penggemar masuk ke dalam stadion dan memasuki lapangan.

Demonstrasi berasal dari para pendukung yang menunjukkan kemarahan mereka dengan kepemilikan klub keluarga Glazer, yang sudah berusia 16 tahun. Kemarahan telah muncul kembali di kalangan penggemar United sejak kejatuhan Liga Super Eropa.

2 dari 6 halaman

Diizinkan Staf MU?

Suporter Manchester United atau MU
Perbesar
Suporter Manchester United atau MU merangsek masuk hingga ke lapangan Old Trafford dalam aksi unjuk rasa, Minggu (2/5/2021) (AFP/Oli Scarff)

Desas-desus telah beredar di media sosial bahwa staf United telah mengizinkan para pengunjuk rasa masuk ke dalam stadion. Dalam gambar terlihat anggota keamanan mengizinkan penggemar masuk ke lapangan.

Namun, MU kini telah merilis pernyataan tentang insiden tersebut, yang isinya: “Mengikuti peristiwa kemarin, sementara banyak penggemar ingin menggunakan hak mereka untuk memprotes dan mengekspresikan pendapat mereka secara damai, beberapa berniat mengganggu persiapan tim dan permainan itu sendiri, sebagaimana dibuktikan oleh aktivitas di Hotel Lowry dan di stadion."

3 dari 6 halaman

Tidak Benar

Suporter MU demonstrasi
Perbesar
Suporter Manchester United atau MU menyerbu Old Trafford dalam aksi unjuk rasa, Minggu (2/5/2021) (AFP/Oli Scarff)

"Laporan di media arus utama dan sosial bahwa pengunjuk rasa dapat mengakses stadion dan lapangan melalui gerbang yang dibuka oleh staf klub sepenuhnya tidak benar.

“Setelah menerobos penghalang dan keamanan di halaman depan, beberapa pengunjuk rasa memanjat gerbang di ujung terowongan Munich, kemudian memaksa masuk ke pintu samping di tribun, sebelum membuka pintu eksternal yang memungkinkan orang lain masuk ke area concourse dan nada. Pelanggaran kedua terjadi ketika seorang pengunjuk rasa mendobrak pintu lift akses penyandang disabilitas, memungkinkan sebuah kelompok untuk memasuki tribun. "

4 dari 6 halaman

Hukum Anggota yang Terlibat

img_anti-glazer.jpg
Perbesar
Fans MU menggelar spanduk protes anti-Glazer di laga lanjutan EPL antara MU vs Portsmouth yang digelar di Old Trafford, 6 Februari 2010. AFP PHOTO / ANDREW YATES

Pernyataan klub tersebut juga mengutuk tindakan para pemrotes yang terlibat dalam kegiatan kriminal kemarin. Meski begitu mereka menegaskan kembali keinginan klub untuk meningkatkan dialognya dengan para penggemar:

“Mayoritas fans kami telah dan akan mengutuk tindakan kriminal yang merusak, bersama dengan kekerasan apapun terhadap staf klub, polisi atau fans lainnya, dan ini sekarang menjadi urusan polisi."

5 dari 6 halaman

Berdialog

"Klub tidak ingin melihat pengunjuk rasa damai dihukum, tetapi akan bekerja dengan polisi untuk mengidentifikasi mereka yang terlibat dalam aktivitas kriminal, dan juga akan mengeluarkan sanksi sendiri kepada pemegang tiket musiman atau anggota yang diidentifikasi, sesuai dengan kebijakan sanksi yang dipublikasikan," demikian pernyataan klub.

“Informasi tentang penjadwalan ulang pertandingan dan kemungkinan implikasi pada pertandingan lain akan diumumkan setelah diskusi dan kesepakatan dengan operatos Liga Inggris. "Kami tetap berkomitmen untuk berdialog dan terlibat dengan penggemar kami melalui Forum Penggemar dan saluran lain yang sesuai.”

6 dari 6 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓