Sukses

Lihat MOCCO Si Boneka Raksasa Olimpiade Tokyo 2020 / 2021

Boneka raksasa 10 meter MOCCO akan segera dipamerkan ke publik menyambut Olimpiade Tokyo 2020 / 2021.

Liputan6.com, Jakarta- Olimpiade Tokyo tinggal sebentar lagi dimulai. Pemerintah Jepang semakin mengencarkan promosi. Yang teranyar, mereka mengumumkan foto dan video boneka raksasa bertinggi 10 meter bernama MOCCO.

MOCCO akan muncul pada tur dari tiga prefektur di wilayah Tohoku Jepang, hingga pusat kota Tokyo, antara pertengahan Mei dan pertengahan Juli. MOCCO bertujuan untuk membantu mempromosikan Tohoku yang menderita kerusakan signifikan dan kehilangan nyawa selama gempa bumi besar di Jepang Timur pada 2011 lalu.

 

Para pekerja tampak mengatur boneka raksasa Mocco di Takamori, Prefektur Nagano, Jepang pada Jumat 23 April 2021. Tur boneka raksasa Mocco ini secara resmi diberi nama "Menemukan Kembali Tohoku - Perjalanan MOCCO dari Tohoku ke Tokyo".

Boneka MOCCO ini dipersembahkan salah satu sponsor Olimpiade Tokyo, Eneos. Acara ini termasuk salah satu dari tiga program utama Festival NIPPON Tokyo 2020.

 

Tampak seorang pekerja sedang merapihkan boneka raksasa MOCCO. Pertunjukan boneka raksasa MOCCO ini merupakan upaya panitia Olimpiade 2020 untuk mendukung upaya pemulihan daerah yang terkena dampak gempa bumi 10 tahun lalu di Jepang.

Desain MOCCO sebenarnya sudah terungkap Mei 2019 lalu. Namun penampilan keseluruhannya masih dirahasiakan. Baru diungkap akhir April ini, karena sudah kurang dari 50 hari jelang tur pertama di Perfektur Iwate.

 

Boneka MOCCO sedang diatur peletakannya oleh pekerja di Takamori. Boneka MOCCO bakal dipamerkan di Tohoku dan Tokyo.

Nama Mocco diberikan oleh penulis skenario Kudo Kankuro, terinspirasi oleh "MOCCO’s Story". Sebuah kisah yang ditulis oleh komedian dan penulis Jepang Matayoshi Naoki.

 

Atraksi boneka raksasa MOCCO masih dipersiapkan oleh panitia Olimpiade Tokyo. Boneka MOCCO ini sangat unik dan berciri khas masyarakat Tohoku.

Pencipta buku bergambar Arai Ryoji membuat desain berdasarkan ide-ide imajinatif yang diungkapkan oleh anak-anak dari wilayah Tohoku selama lokakarya yang diadakan di wilayah tersebut. Dalang Globetrotting Sawa Noriyuki menyempurnakan desain tersebut menjadi karya yang sudah jadi.

 

Boneka raksasa MOCCO ini akan mejeng di tiga lokasi di Tohoku dan satu tempat di Tokyo. Debut pertama berlangsung pada 15 Mei 2021 di Tsunami Reconstruction Memorial Park, Iwate.

Taman Shinjuku Gyoen menjadi tempat terakhir penampilan MOCCO. Bakal ada organisasi budaya lokal menggelar pertunjukan di lokasi boneka MOCCO.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.