Bayern Munchen Resmi Tunjuk Julian Nagelsmann Sebagai Pelatih Anyar

Oleh Harley.Ikhsan pada 27 Apr 2021, 16:45 WIB
Diperbarui 27 Apr 2021, 16:45 WIB
Tundukkan RB Leipzig, PSG Melaju ke Final Liga Champions
Perbesar
Julian Nagelsmann jadi pelatih anyar Bayern Munchen. (David Ramos/Pool via AP)

Liputan6.com, Munich Bayern Munchen menunjuk Julian Nagelsmann sebagai manajer musim depan setelah menyetujui kompensasi dengan RB Leipzig. Raksasa Jerman itu mengikatnya hingga 2026.

Menurut laporan ESPN, Bayern Munchen menyetor 15 juta euro ke RB Leipzig untuk memutus kontrak dengan Nagelsmann.

"Bayern menunjuk Julian Nagelsmann sebagai pelatih kepala baru. Dia mulai bekerja pada 1 Juli 2021 dan menandatangani kontrak selama lima musim," tulis keterangan resmi klub.

Baru berusia 33 tahun, Nagelsmann dipertimbangkan sebagai salah satu pelatih muda terbaik di sepak bola. Dia sukses membawa RB Leipzig menjadi pesaing terberat Bayern Munchen di pentas domestik dalam beberapa tahun terakhir.

"Saya meninggalkan RB Leipzig saya dengan berat hati. Saya sudah menangani klub spesial yang memiliki tim dengan potensi luar biasa. Saya sangat bangga dengan capaian di sini," ungkap Nagelsmann.

2 dari 4 halaman

Gantikan Flick

UEFA Umumkan Nominasi Pemain dan Pelatih Terbaik Eropa
Perbesar
Hansi Flick. (AFP/ David Ramos/various sources)

Nagelsmann akan menggantikan Hansi Flick yang meminta Bayern agar memutus kontraknya lebih cepat. Flick diketahui terlibat konflik dengan Direktur Olahraga Hasan Salihamidzic terkait transfer dan filosofi klub.

Flick menjadi pelatih Bayern Munchen pada November 2019. Dia langsung membawa tim menjadi treble winners dengan memenangkan Bundesliga, Liga Champions, dan DFB Pokal.

Pada edisi berikutnya, Flick mempersembahkan gelar Piala Super Jerman, Piala Super Eropa, serta Piala Dunia Antarklub.

3 dari 4 halaman

Flick ke Mana?

Bayern Muenchen Gelar Sesi Latihan
Perbesar
Pelatih Bayern Muenchen, Hansi Flick, mengamati anak asuhnya saat latihan Senin (6/4/2020). Pemuncak klasemen sementara liga Jerman ini berlatih bersama untuk pertamakalinya sejak Bundesliga dihentikan pada 13 Maret karena virus corona. (AFP/Christof Stache)

Flick selanjutnya dikabarkan bakal menangani Timnas Jerman setelah Joachim Low memutuskan hengkang usai Piala Eropa 2020 yang berlangsung musim panas nanti.

Sementara Jesse Marsch jadi favorit pengganti Nagelsmann di Leipzig. Pasalnya, dia bekerja di salah satu klub franchise Red Bull lainnya yakni FC Salzburg.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓