Liga Super Eropa Berakhir, Wacana Liga Super Inggris Digulirkan

Oleh Defri Saefullah pada 23 Apr 2021, 07:30 WIB
Diperbarui 23 Apr 2021, 07:30 WIB
ilustrasi liga inggris
Perbesar
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, London- Liga Super Eropa sudah berakhir sejak Rabu lalu. 10 klub sudah menyatakan mundur dari Liga Super Eropa, hanya Barcelona dan Real Madrid yang tak menyatakan mundur secara resmi.

Enam klub Liga Inggris memprakarsai mundur masal dari Liga Super Eropa. Ini kemudian disusul Inter Milan, Atletico Madrid, AC Milan dan Juventus.

Uniknya, setelah Liga Super Eropa berakhir,kini muncul proyek anyar bernama British Super League atau Liga Super Inggris. Liga Super Inggris ini diprakarsai enam klub yaitu Liverpool, Chelsea, Arsenal, Tottenham Hotspur, Manchester City dan Manchester United.

Dalam proyek ini, mereka akan mengajak dua raksasa Skotlandia, Glasgow Celtic dan Glasgow Rangers dalam proyek Liga Super Inggris ini. Wacana ini sudah dibicarakan dengan serius.

Seperti dilansir Marca, enam klub Liga Inggris sudah membicarakan ini dengan dua klub asal Glasgow untuk gabung. Undangan ini disambut baik karena dinilai bisa mengangkat pendapatan mereka.

 

2 dari 5 halaman

Disambut Baik

ilustrasi liga inggris
Perbesar
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)

Bedanya wacana ini disambut baik semua pihak. FA dan FA Skotlandia bersama pemerintah Inggris, UEFA dan FIFA setuju dengan format ini.

Selain mengundang dua klub Skotlandia, Liga Super Inggris juga akan mengacu ke kemungkinan Liga Inggris dikurangi jadi 18 klub. Selain itu juga ada wacana klub divisi 2 gelar play off di akhir musim.

 

3 dari 5 halaman

Gagal

ilustrasi liga inggris
Perbesar
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)

 

Seperti diketahui proyek Liga Super Eropa gagal total dan hanya berumur dua hari. Banyaknya tekanan dari stakeholder sepak bola membuat semua klub berpikir ulang untuk ngotot menggelar Liga Super Eropa.

Kini, UEFA dikabarkan mempertimbangkan untuk menghukum Real Madrid dan Juventus. Dua klub ini dinilai sebagai biang keladi semuanya.

4 dari 5 halaman

Posisi di Klasemen

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓