Sukses

Genjot Latihan, Catatan Waktu Perenang Siman Sudartawa Membaik

I Gede Siman Sudartawa semakin giat berlatih meski masih pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta- Di tengah situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, kegiatan di luar ruang bukanlah hal yang mudah dilakukan. Protokol kesehatan ketat harus diperhatikan, mulai dari menggunakan masker, menghindari kontak fisik dengan orang lain, bahkan harus rajin untuk mencuci tangan. Kegiatan olahraga juga terganggu. Perenang I Gede Siman Sudartawa juga merasakannya.

Siman harus beradaptasi selama berlatih di situasi pandemi virus corona Covid-19. Walaupun demikian, pemusatan latihan untuk Siman masih terus berjalan guna menghadapi kejuaraan-kejuaraan bergengsi yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat. 

Pemusatan latihan untuk Siman kembali dimulai sejak 5 Januari lalu setelah libur Natal dan Tahun Baru selama 12 hari. Fokus utama dari latihan yang diterapkan adalah untuk menjaga kebugaran Siman setelah liburan dan juga untuk menghadapi kejuaraan renang resmi yang diselenggarakan oleh Pengurus Provisi DKI Jakarta pada tanggal 29 Maret-1 April kemarin. 

Latihan demi latihan dijalani oleh Siman, tanpa melupakan asupan nutrisi yang harus dikonsumsi agar kondisi badan tetap stabil dan fit. Berkat bantuan dari ahli gizi olahraga dan juga Ajinomoto Indonesia, Siman semakin lebih siap dan percaya diri untuk menghadapi kejuaraan tersebut.

Pada kejuaraan yang juga sebagai ajang uji coba ini, Siman berhasil menunjukkan bahwa program latihan yang saat ini dijalankan sesuai dengan rencana. Setelah melewati periode latihan ‘persiapan khusus’ di bulan Januari - Maret yang lalu Siman berhasil mencapai catatan waktu 25.64 detik yang bila dibandingkan dengan perolehan hasil SEA Games di akhir tahun 2019 lalu sudah melebihi catatan waktu peraih medali perak saat itu yaitu Quah Zheng Wen dari Singapura 25.65 s. 

Saksikan Video Menarik Berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sesuai Rencana

Pada periode persiapan khusus lalu konsentrasi latihan Siman adalah kecepatan dan kekuatan atau speed & power endurance sesuai dengan tipe atau karakternya. Masuk ke bulan April dan Mei ini pelatihan Siman sudah masuk ke periode pra kompetisi dimana Siman sudah harus melakukan uji waktu setiap 2 minggu sekali dimana ia juga harus memantapkan strategi pertandingan yang akan digunakannya. 

"Secara keseluruhan, hasil yang diperoleh Siman dari kejuaraan tersebut sudah sesuai dengan rencana latihan dan semoga hasil ini dapat meningkat sesuai dengan program kepelatihan yang sudah direncanakan. Tentunya hal ini bisa dicapai dengan penyeimbangan program latihan dan pola nutrisi yang seimbang untuk mencapai performa terbaik," kata pelatih Albert Sutanto di situs website www.kachimeshi-indonesia.com. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.