Sukses

Terinspirasi Kartini, Irene Sukandar Ingin Terus Berprestasi

Women Grand Master (WGM) Indonesia, Irene Kharisma Sukandar ikut menyuarakan opininya soal Hari Kartini. Hal itu dikatakan Irene saat hadir dalam acara Anugerah Perempuan Hebat 2021, Rabu (21/4/2021) malam WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Women Grand Master (WGM) Indonesia, Irene Kharisma Sukandar ikut menyuarakan opininya soal Hari Kartini. Hal itu dikatakan Irene saat hadir dalam acara Anugerah Perempuan Hebat 2021, Rabu (21/4/2021) malam WIB.

Menurut Irene Kharisma, Kartini sudah mencontohkan perjuangan untuk emansipasi wanita dan kesetaraan jender untuk mengakses pendidikan. Oleh karena itu, Irene merasa harus melanjutkan perjuangan tersebut.

"Sebagai generasi penerus kita harus terus berprestasi," kata Irene.

Irene Kharisma menambahkan, perempuan Indonesia masih punya banyak pekerjaan rumah untuk memajukan negeri. Ia sendiri mengaku terus berusaha agar menjadi inspirasi bagi para junior di dunia catur.

"Supaya mereka bisa lebih berprestasi lebih dari yang saya dapatkan. Supaya para perempuan bisa saling mengungguli dalam arti yang positif," kata Irene.

 

 

Saksikan Video Catur di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buktikan Diri

Irene mengakui, ia menempuh perjalanan panjang untuk membuktikan diri di dunia catur. Pasalnya, Irene menalai catur selama ini olahraga yang kental dengan pria.

"Saya besar di dunia yang stigmanya didominasi laki-laki, baik catur di dunia atau Indonesia," kata Irene.

"Saya membuktikan perempuan juga bisa menjadi grandmaster asal ada akses pendidikan, kepelatihan dan pertandingan. Kita juga bisa mempunyai prestasi yang sama atau bahkan lebih dari laki-laki," ujar Irene mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.