European Super League Ditunda

Oleh Thomas pada 21 Apr 2021, 08:37 WIB
Diperbarui 21 Apr 2021, 08:47 WIB
European Super League
Perbesar
European Super League (Ist)

Liputan6.com, Jakarta- Kompetisi tandingan Liga Champions, European Super League atau Liga Super Eropa akan ditunda. Keputusan penundaan diambil setelah beberapa peserta akhirnya memilih untuk mundur.

European Super League awalnya direncananya digelar pada Agustus 2021. Ditargetkan ada 20 klub yang ikut serta. Saat diumumkan 18 April 2021 lalu, sudah ada 12 klub yang ikut serta sebagai pendiri European Super League.

Namun baru dua hari diumumkan, European Super League langsung menemui kemunduran. Enam klub Liga Inggris secara resmi memutuskan mundur. Manchester City menjadi yang pertama sebelum diikuti Liverpool, Manchester United, Arsenal, Chelsea dan Tottenham Hotspur.

AC Milan, Inter Milan, Barcelona dan Atletico Madrid juga dikabarkan akan menyusul keenam klub Liga Inggris ini. Ke-12 klub peserta bertemu pada Selasa (20/4/2021) malam waktu setempat.

Usai pertemuan, European Super League akhirnya dinyatakan ditunda. Namun proyek ini belum benar-benar dibatalkan. Para pendiri nampaknya masih yakin bisa berjalan. Keenam klub Inggris juga dinyatakan mundur bukan karena keinginan sendiri, melainkan tekanan dari luar.

2 dari 4 halaman

Menekan UEFA

"Mengingat keadaan saat ini, kami sedang mempertimbangkan kembali langkah-langkah yang tepat, untuk membentuk kembali proyek. Kami mengusulkan kompetisi baru, karena kompetisi saat ini tidak berfungsi. Klub Inggris terpaksa pergi, karena tekanan dari luar," demikian pernyataan resmi European Super League.

Langkah 12 klub besar Eropa ini memunculkan European Super League nampaknya cukup sukses. Walau tidak jadi bergulir, UEFA selaku pengelola Liga Champions kebakaran jenggot dan akhir akan membuat format baru kompetisi antarklub Eropa dengan hadiah yang lebih besar.

 

3 dari 4 halaman

Rencana

European Super League awalnya akan dimulai Agustus 2021. Nantinya akan ada 15 klub peserta tetap dengan lima tambahan. Lima klub ini bisa ikut Liga Super Eropa berdasarkan pencapaian di musim reguler.

Namun European Super League mendapat penolakan dari klub peserta Liga Italia, Inggris dan Spanyol. Mereka meminta klub peserta European Super League dikeluarkan dari liga domestik.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Ini

Lanjutkan Membaca ↓