Sukses

5 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia Saat Ini

Berikut 5 pemilik klub sepak bola terkaya di dunia saat ini, salah satunya adalah Roman Abramovich.

Liputan6.com, Jakarta - Pengumuman European Super League atau Liga Super Eropa, baru-baru ini, memicu kontroversi di  sepak bola. Pemilik dan pimpinan klub sepak bola papan atas pun menjadi sorotan.

European Super League dikritik para penggemar sepak bola maupun kritikus. Sebab, klub yang terlibat akan semakin kaya, fakta yang bukan pertanda baik bagi sepak bola.

Pencinta sepak bola mengarahkan kemarahan mereka kepada pemilik klub top. Karena, lanskap sepak bola telah berubah dalam semalam.

Berikut 5 pemilik klub sepak bola terkaya di dunia saat ini seperti dikutip dari Sportskeeda.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Roman Abramovich (Chelsea) - US$ 12,5 miliar

Pengambilalihan Chelsea oleh Roman Abramovich pada 2003 membuat klub London itu menjadi salah satu nama paling terkenal di dunia sepak bola.

Sosok ambisius yang haus akan kesuksesan segera, pria asal Rusia tersebut tak membuang waktu untuk meninggalkan jejaknya di Chelsea. Dia menunjuk Jose Mourinho pada 2004 sebagai manajer klub, dan mengantarkan era kesuksesan domestik.

Di bawah kepemilikan Abramovich, The Blues sudah memenangkan 16 trofi, termasuk lima gelar Liga Inggris dan satu trofi Liga Champions. Namun, kritik ditujukan kepada dewan direksi Chelsea karena terus-menerus memecat manajer.

Abramovich juga royal dalam menghamburkan uang untuk pemain. Bahkan, The Blues menghabiskan lebih dari 200 juta pound musim panas lalu.

 

 

3 dari 6 halaman

4. Dietmar Hopp (Hoffenheim) - US$ 18,5 miliar

Dietmar Hopp bukanlah sosok yang populer di kalangan penggemar Bundesliga. Dia dikritik lantaran pengaruhnya terhadap Hoffenheim.

Keterlibatan finansial Hopp di Hoffenheim dimulai pada 1990 dan dia telah menjadi kunci kebangkitan klub dari Kreisliga ke Bundesliga. Klub ini adalah salah satu tim terbaik di Bundesliga di bawah asuhan Julian Nagelsmann, yang meninggalkan Hoffenheim pada 2019 untuk menangani RB Leipzig.

Hoffenheim telah disebut sebagai 'klub plastik' oleh banyak penggemar Bundesliga. Hopp pun menerima berbagai penghinaan dan kritik sebagai hasilnya.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Andrea Agnelli (Juventus) - US$ 19,1 miliar

Salah satu individu terpenting dalam perencanaan Liga Super Eropa yang kontroversial, Andrea Agnelli, telah membantu Juventus menjadi tim yang ditakuti di Eropa.

Keputusan Agnelli menunjuk Antonio Conte sebagai manajer Juventus pada 2011 mengawali dominasi klub di dalam negeri. Bianconeri telah memenangkan sembilan gelar Serie A berturut-turut, melakukan beberapa akuisisi cerdik dan menciptakan skuat kelas dunia yang penuh dengan individu-individu berbakat.

Namun, desakan Agnelli untuk melanjutkan Liga Super Eropa mendapatkan kritik pedas. Masih harus dilihat apa langkah selanjutnya, karena dunia sepak bola telah terguncang hingga ke intinya dalam beberapa hari terakhir.

 

5 dari 6 halaman

2. Dietrich Mateschitz (RB Leipzig / Red Bull Salzburg) - US$ 26,9 miliar

Red Bull menjadi klub terkenal karena kemampuannya dalam mencari bakat dan dukungan miliarder Austria Dietrich Mateschitz.

Red Bull Salzburg telah menjual pemain seperti Erling Braut Haaland, Takumi Minamino, dan Dominik Szoboszlai di bursa transfer, belum lama ini. Meski demikian, RB Leipzig tetap salah satu tim terbaik di Bundesliga.

Para pemain sering melintasi jalur Red Bull Salzburg ke RB Leipzig. Szoboszlai, Peter Gulacsi, Konrad Laimer, dan Dayot Upamecano adalah para pemain itu

RB Leipzig, seperti Hoffenheim, mendapat kecaman dari penggemar Bundesliga karena kebangkitan mereka yang cepat. Dengan dukungan finansial dari Mateschitz dipandang sebagai alasan utamanya.

 

6 dari 6 halaman

1. Sheikh Mansour (Manchester City) - US$ 30 miliar

Seperti Abramovich dan Chelsea, investasi Sheikh Mansour di Manchester City telah mengubah klub.

Sheikh Mansour mengakuisisi Manchester City pada 2008 dan mulai membelanjakan uang hampir seketika. Awalnya ada beberapa orang yang gagap, tetapi Cityzens sekarang menjadi salah satu tim terbaik di Eropa, dikelola oleh manajer terbaik di dunia.

Sergio Aguero, David Silva, Vincent Kompany, dan Yaya Toure adalah para pemain kunci dalam membangun Manchester City sebagai kekuatan Liga Inggris. Tim sekarang di bawah Pep Guardiola termasuk di antara favorit untuk memenangkan Liga Champions musim ini sebelum pengumuman Liga Super Eropa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.