Sukses

Momen Pemain Turki Buka Puasa di Tepi Lapangan saat Pertandingan

Para pesepakbola di berbagai negara telah menemukan cara-cara kreatif untuk dapat berbuka puasa selama pertandingan.

Liputan6.com, Jakarta Menjalankan ibadah puasa Ramadan saat kompetisi masih berjalan jadi tantangan tersendiri bagi para pemain beragama Islam. Apalagi bila waktu berbuka tiba saat pertandingan masih berjalan. Butuh trik khusus bagi para pemain  untuk membatalkan puasanya tanpa harus meninggalkan pertandingan. 

Di Turki, sejumlah pemain berbuka puasa di pinggir lapangan menjadi viral. Unggahan tersebut telah disaksikan lebih dari tiga juta kali sejak pertama kali diunggah oleh akun Twitter beINSPORT Turki. 

Dalam vide singkat tersebut tampak empat orang pemain tengah berkumpul di tepi lapangan. Mereka tampak memakan pisang. Video tersebut juga memperlihatkan seorang kiper yang sedang minum.

"Saat cedera terjadi pada laga Keciorengucu GZT Giresunspor-Ankara bertepatan dengan adzan, para pemain membatalkan puasa,” bunyi keterangan yang menyertai video tersebut.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, video tersebut diambil saat klub Ankara bertemu dengan Giresunspor pada kompetisi kasta kedua di Turki, TFF First League, beberapa waktu lalu.  

Seperti diketahui, selama bulan Ramadhan, umat Islam yang berpuasa tidak makan atau minum pada siang hari. Biasanya, mereka baru mengkonsumsi makanan dan minuman saat sahur atau sebelum matahari terbit dan sekali lagi saat kumandang adzan magrib ketika matahari tenggelam. 

 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan Kali Pertama

Para pesepakbola di berbagai negara telah menemukan cara-cara kreatif untuk dapat berbuka puasa selama pertandingan. Pada tahun 2018, selama dua pertandingan persahabatan menjelang Piala Dunia, penjaga gawang Tunisia dua kali berpura-pura cedera saat saat buka puasa. Upaya ini dilakukan demi memberi waktu kepada teman-temannya untuk makan dan minum di tepi lapangan. 

 

3 dari 3 halaman

Bagaimana di Indonesia?

Nah, kebiasaan seperti ini jarang ditemukan di Indonesia. Sebab selama bulan Ramadan, jadwal kompetisi di Tanah Air juga selalu menyesuaikan, seperti yang berlaku pada Piala Menpora 2021. Sejak Ramadan tiba, kick off turnamen pramusim ini digeser lebih malam setelah jadwal berbuka puasa. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.