Sukses

Dengan atau Tanpa PSG dan Munchen, Liga Super Eropa Jalan Terus

Liga Super Eropa tak peduli PSG dan Munchen belum mau ikutan bergabung.

Liputan6.com, Jakarta- Chairman Liga Super Eropa atau European Super League Florentino Perez yakin kompetisi baru ini akan tetap sukses dan bisa dimulai Agustus nanti walau mendapat banyak rintangan dan tentangan.

European Super League rencananya akan diikuti 20 klub. Namun hingga April 2021 ini baru 12 klub yang sudah dipastikan ikut serta. Ke-12 klub tersebut merupakan pendiri Liga Super Eropa.

Mereka adalah AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Real Madrid dan Tottenham Hotspur.

Di luar ke-12 klub, banyak yang menentang ide Liga Super Eropa. Dua klub besar lainnya yakni Paris Saint Germain dan Bayern Munchen bahkan belum bergabung. PSG dan Munchen masih setia dengan UEFA yang mengadakan kompetisi Liga Champions.

Perez tak mempermasalahkan jika PSG dan Munchen benar-benar menolak bergabung. Perez yakin European Super League akan tetap jalan dan menemukan tiga klub lain sehingga total ada 15 klub pendiri.

Saksikan Video Menarik Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lanjut Terus

Dalam wawancara dengan El Chiringuito, Perez menegaskan dengan atau tanpa PSG dan Munchen, Liga Super Eropa tetap akan digulirkan.

"PSG tidak diundang, pada saat ini. Kami bahkan tidak berbicara kepada klub-klub Jerman. Kami sekarang 12 klub, kami ingin menjadi 15 klub. Jika PSG dan Munchen menolak, kompetisi Liga Super tidak akan dibatalkan. Itu tak masuk akal," kata Perez.

3 dari 3 halaman

Menyelamatkan

"Semua yang saya lakukan adalah untuk kebaikan sepak bola. Liga Super bukan untuk si kaya tapi untuk menyelamatkan sepak bola. Jika sistem sekarang ini terus berlanjut, sepak bola akan hilang dan pada 2024 kami mungkin sudah mati," tutur Perez.

"Pertandingan sepak bola telah kehilangan ketertarikan dari fans. Kami perlu mengubahnya. Fans berusia 16-24 tahun tidak memiliki ketertarikan pada sepak bola. Sepak bola perlu beradaptasi pada generasi baru, sekarang."

"Klub-klub besar di Inggris, Spanyol dan Italia harus menemukan solusi pada situasi buruk yang sepak bola alami. Real Madrid sendiri kehilangan 400 juta euro. Liga Super akan menyelamatkan keuangan klub," lanjut Perez.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liga Super Eropa merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional

    Liga Super Eropa

  • European Super League merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional

    European Super League

  • Paris Saint-Germain adalah sebuah klub sepak bola asal Jerman
    Paris Saint-Germain (PSG) merupakan klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.

    Paris Saint-Germain

  • Klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.
    Paris Saint-Germain (PSG) merupakan klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.

    PSG

  • Florentino Perez merupakan pebisnis asal Spanyol yang lebih dikenal luas karena menjabat sebagai presiden klub Real Madrid.

    Florentino Perez

  • Bayern Munchen