Sukses

Peringati HUT ke-91, Ketua Umum PSSI Napak Tilas Sejarah Sepak Bola di Solo

Ketua Umum PSSi Mochamad Iriawan memperingati HUT ke-91 PSSI dengan melakukan napak tilas sejarah kelahiran sepakbola nasional di Solo

Liputan6.com, Solo - Federasi sepakbola seluruh Indonesia atau PSSI memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-91 pada hari ini, Senin (19/4/2021). Hari spesial itu diperingati secara sederhana di Solo dengan napak tilas di sejarah kelahiran sepak bola nasional di Solo

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan hadir pada peringatan HUT organisasi yang dipimpinnya di Balai Persis Solo. Di depan balai tersebut juga terdapat monumen patung Soeratin Sosrosoegondo yang merupakan Ketua Umum PSSI pertama.

Di monumen tersebut, sosok yang akrab disapa Iwan Bule itu meletakkan karangan bunga sebagai bentuk penghormatan kepada Soeratin. Selanjutnya rombongan PSSI masuk ke dalam Balai Persis Solo untuk melihat koleksi trofi tim kebanggaan masyarakat setempat, Persis Solo.

Kemudian acara peringatan HUT PSSI itu juga ditandai dengan memberikan sumbangan tali asih ke sebuah panti asuhan di Kota Solo.

"Di sini ada cagar budaya atau tugu Ketua Umum PSSI Bapak Soeratin yang menjadi tonggak daripada persatuan sepakbola Indonesia berada," kata Mochamad Iriawan.

Menurut Iriawan, nama Soeratin oleh PSSI diabadikan menjadi nama kompetisi untuk pertandingan sepak bola yang digelar setiap tahun. "Piala Soeratin banyak sekali kita gulirkan," ujarnya.

Saksikan Video PSSI Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkembangan Sepakbola di Solo

Kota Solo, disebutkan dia, menjadi cikal bakal munculnya perkembangan sepak bola di Indonesia. Tak hanya itu, ia juga bersyukur perkembangan sepak bola di kota kelahiran Presiden Jokowi itu juga menunjukkan perkembangan yang pesat. Hal ini terlihat dari perkembangan Stadion Manahan Solo yang kian bersolek.

"Ini berkaitan pula dengan kami melaksanakan Piala Menpora di Solo. Dan alhamdulillah juga perkembangan sepak bola khususnya di Solo luar biasa pesat dibarengi dengan Stadion Manahan yang saya nilai cukup terbagus setelah GBK," sebutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.