Sukses

Tottenham Putus Hubungan Kerja, Mourinho Terima Pesangon Sebanyak Ini

Mourinho yang bertanggung jawab menangani Tottenham sejak November 2019, meninggalkan klub di tempat ketujuh klasemen Liga Inggris.

Liputan6.com, Jakarta Tottenham Hotspur resmi memecat Jose Mourinho dari jabatannya sebagai manajer, Senin (19/4/2021). "Klub mengumumkan Jose Mourinho dan staff dibebastugaskan dari posisinya," tulis keterangan resmi klub.

Tottenham telah memecat Mourinho sebagai manajer setelah penampilan yang buruk. Sosok asal Portugal itu pergi dengan rekor terburuk sejak reputasinya mencuat bersama FC Porto.

Mourinho yang bertanggung jawab menangani Tottenham sejak November 2019, meninggalkan klub di tempat ketujuh klasemen Liga Inggris.

Seperti dilansir The Independent, keputusan untuk memecat Mourinho dibuat pada Jumat malam, menyusul hasil imbang 2-2 dengan Everton di laga lanjutan Liga Inggris. Usai laga rumor soal pemecatannya pun merebak.

Dan, kini terbukti itu menjadi pertandingan terakhir pelatih berusia 58 tahun itu dengan Spurs. Dan, kabarnya mantan pelatih Chelsea, Manchester United dan Real Madrid akan menerima uang pesangon sebesar 16 juta pounds.

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rekor Bagus

Sebuah pernyataan yang dirilis oleh Tottenham pada hari Senin berbunyi: “Klub hari ini dapat mengumumkan bahwa Jose Mourinho dan staf pelatihnya Joao Sacramento, Nuno Santos, Carlos Lalin dan Giovanni Cerra telah dibebastugaskan.

Mourinho memiliki rekor bagus bersama tim yang dilatihnya, terutama sejak mencuat kala menangani FC Porto. Dia minimal membukukan 55 persen kemenangan per tim.

3 dari 4 halaman

Angka Terburuk

Namun angka tersebut menurun. Berjaya 44 kali dalam 86 laga, Tottenham era Mourinho hanya menorehkan 51 persen kemenangan.

Angka ini terburuk sejak dirinya melatih Leira pada Juli 2001-Januari 2002. Kala itu Mourinho meraih 45 persen.

4 dari 4 halaman

Dipecat

Seperti diberitakan, Mourinho telah dipecat Tottenham Hotspur. Mourinho kehilangan pekerjaannya hanya enam hari sebelum Tottenham bersaing di final Piala Liga Inggris melawan Manchester City.

Kabar pemecatan Mourinho tersebut dikonfirmasi jurnalis Telegraph, John Percy, Senin (19/4/2021). Mourinho pergi dengan meninggalkan klub di posisi ketujuh klasemen Liga Inggris, terpaut lima poin dari empat besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.