Sukses

European Super League Dipimpin Bos Real Madrid, Juventus dan MU

Florentino Perez dari Real Madrid akan menjadi Chairman European Super League.

Liputan6.com, Jakarta- European Super League atau Liga Super Eropa akhirnya diumumkan resmi kepada publik pada Minggu (18/4/2021). Format kompetisi, klub peserta serta pengelolanya diungkap dalam keterangan resminya.

European Super League nantinya akan diikuti 20 klub terbaik di Eropa. 15 diantaranya bakal menjadi peserta tetap karena merupakan pendiri atau Founding Clubs. Lima peserta lainnya tidak tetap dan bisa berganti tiap musim tergantung pencapaian di musim sebelumnya.

Sejauh ini baru 12 klub yang diungkap sebagai pendiri yakni AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Real Madrid dan Tottenham Hotspur.

Tiga klub lain masih belum diungkap. Meski diduga kuat berasal dari Jerman dan Prancis yakni Bayern Munchen, Paris Saint Germain dan Borussia Dortmund.

European Super League bakal dipimpin petinggi tiga klub ternama Real Madrid, Juventus dan Manchester United.

Saksikan Video Menarik Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perez

Presiden Real Madrid Florentino Perez dipastikan bertindak sebagai Chairman European Super League. Dengan bos Juventus Andrea Agnelli sebagai Vice Chairman bersama pemilik MU Joel Glazer.

“Kami akan membantu sepak bola di setiap level dan membawanya ke tempat yang selayaknya di dunia. Sepak bola adalah satu-satunya olahraga global di dunia dengan lebih dari empat miliar penggemar dan tanggung jawab kami sebagai klub besar adalah menanggapi keinginan mereka," kata Perez dalam keterangan tertulis yang dikutip dari Football Italia.

3 dari 3 halaman

Ditolak UEFA

UEFA dengan tegas mengharamkan adanya European Super League. Klub-klub peserta akan dilarang ikut kompetisi domestik di negaranya masing-masing.

Demi mencegah bergulirnya European Super League, UEFA juga memberikan ancaman kepada para pemain agar tidak ikutan. Pemain yang berkompetisi di European Super League bakal tidak bisa membela negaranya di ajang internasional seperti Piala Eropa dan Piala Dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.

    Juventus

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • European Super League merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional

    European Super League

  • Liga Super Eropa merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional

    Liga Super Eropa

  • Push Notif