Sukses

Semifinal Piala Menpora 2021 Tak Memakai Sistem Gol Tandang, Bila Imbang?

Semifinal Piala Menpora 2021 diikuti Persija, PSM, PSS dan Persib Bandung menggunakan sistem dua leg.

Liputan6.com, Jakarta Duel semifinal pertama Piala Menpora sudah berlangsung di stadion Maguwoharjo. PSM menahan Persija Jakarta 0-0 pada leg pertama semifinal.

Usai pertandingan itu, banyak yang bertanya bagaimana kalau skor imbang kembali terjadi meski bukan 0-0. Di laga internasional, gol tandang berpengaruh pada pertandingan yang berlangsung di dua leg.

Namun Piala Menpora 2021 tidak menganut gol tandang.Ketua Organizing Committee (OC) Piala Menpora 2021, Akhmad Hadian Lukita menegaskan bahwa pihaknya sudah membuat peraturan untuk babak semifinal apabila dua pertemuan berakhir imbang.

"Untuk menentukan tim yang lolos ke babak final, aturan keunggulan gol tandang tidak kami terapkan. Maka jika agregat pertemuan kedua kedua tim berakhir imbang, dilanjutkan dengan adu tendangan penalti," kata Akhmad Hadian Lukita seperti dikutip situs Liga Indonesia Baru.

Peraturan tersebut, lanjut Akhmad Hadian Lukita, juga sudah dijelaskan sejak awal turnamen yang tertuang dalam regulasi Piala Menpora 2021. Pada regulasi Piala Menpora 2021 babak semifinal poin d menjelaskan soal itu.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bunyi Pasal

 

Poin d regulasi pertandingan pada babak semifinal Piala Menpora 2021 menyebutkan; ‘Apabila dua tim yang bertanding di babak semifinal mencetak skor akhir yang sama setelah bermain di 2 pertandingan (mis, 1-1,2-2, dan seterusnya), tidak berlaku keuntungan gol tandang. Jika hal itu terjadi maka pertandingan semifinal kedua langsung dilanjutkan dengan tendangan dari titik penalti.’

"Peraturan seperti itu sudah kami jelaskan pada Match Coordination Meeting (MCM) yang dilakukan sebelum pertandingan kedua tim. Sejauh ini masing-masing tim yang berlaga di babak semifinal, juga sudah memahaminya," kata Akhmad.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Piala Menpora

Semifinal Piala Menpora

Leg 2

18 April 2021

20.30 WIB PSM vs Persija

Stadion Manahan, Solo

 

19 April 2021

20.30 WIB Persib vs PSS

Stadion Mahan, Solo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.