Sukses

7 Atlet Angkat Besi Berangkat ke Kejuaraan Asia 2021

Indonesia akan mengirimkan tujuh atlet angkat besi ke Kejuaraan Asia 2021.

Liputan6.com, Jakarta- Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) melepas tujuh atletnya untuk mengikuti Kejuaraan Asia di Tashkent, Uzbekistan, 18-25 April 2021 mendatang. Ajang ini juga merupakan kualifikasi Olimpiade Tokyo.

Total atlet angkat besi yang diberangkatkan terdiri dari tiga wanita dan empat pria. Windy Cantika Aisyah (49 kg), Juliana Klarisa (55), dan Nurul Akmal (87) di bagian putri.

Sedangkan di bagian putra ada Mohammad Yasin (67 kg), Triyatno (67), Rahmat Erwin Abdullah (73 kg) dan Muhammad Zul Ilmi (89 kg).

Para lifter ditargetkan untuk meraih poin agar lolos ke Olimpiade Tokyo 2021 mendatang. Adapun lifter yang ditargetkan lolos adalah Windy Cantika Aisah dan Nurul Akmal di bagian putri, sedangkan di bagian putra, Rahmat Erwin Abdullah yang dinilai memiliki peluang besar tampil di Tokyo nanti.

Rombongan lifter Indonesia rencananya akan bertolak menuju Tashkent Rabu(14/4/2021) malam dengan dipimpin manajer Pura Darmawan dengan didampingi empat pelatih dan satu ofisial.

 

Saksikan Video Menarik Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Target

Wakil Ketua Umum PB PABSI,  Djoko Pramono menegaskan, para lifter ditargetkan menambah Poin kualifikasi Olimpiade untuk memastikan tiket ke Tokyo. 

"Kami berharap mereka mampu menambah kuota lifter yang lolos ke Olimpiade di kejuaraan ini. Selain membawa pulang medali, " ungkap Djoko Pramono seraya menyebutkan Windy Cantika Aisyah, Nurul Akmal serta Rahmat Erwin Abdullah berpeluang untuk lolos. 

Djoko juga mengatakan, berdasarkan hasil test progres yang digelar setiap bulannya, para lifter mencatat hasil angkatan yang mampu bersaing di tingkat Asia. 

"Olahraga angkat besi merupakan olahraga terukur. Kami tidak mau memberikan target muluk-muluk. Catatan hasil latihan mereka yang menjadi tolok ukur bagi kami, " tandasnya lagi. 

 

3 dari 3 halaman

Berusaha Keras

Sementara itu, salah satu lifter yang sudah berpeluang meraih tiket Olimpiade di kelas 73 Kg, Rahmat Erwin Abdullah mengatakan, ia akan berupaya keras untuk mempertahankan posisinya di peringkat 18 besar dunia. 

"Saya berupaya untuk menambah total angkatan snatch dari 147 kg dan clean and jerk seberat 187 kg pada kejuaraan nanti agar bisa mempertahankan peluang lolos ke Tokyo, " harapnya. 

Tak bermaksud jumawa, Rahmat Erwin Abdullah yang juga putra dari lifter kawakan Erwin Abdullah itu tetap mewaspadai lifter saingannya dari China dan Jepang. 

"Insha Allah saya mampu mengatasi mereka dan pulang membawa medali," tandasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.