Sukses

6 Olahraga Ringan yang Cocok Dilakukan di Bulan Ramadan

Saat menjalani puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman dari luar. Meski begitu, bukan berarti kamu menjadi pasif dan tidak boleh berolahraga.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak terasa Ramadan sudah di depan mata. Umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa pada bulan penuh berkah ini.

Saat menjalani puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman dari luar. Meski begitu, bukan berarti kamu menjadi pasif dan tidak boleh berolahraga.

Ahli Program Kebugaran & Nutrisi Chelsea Amengual mengatakan, glikogen atau karbohidrat yang disimpan tubuh kemungkinan besar habis saat puasa. Dengan begitu, kamu dapat membakar lebih banyak lemak daripada biasanya.

Intensitas olahraga saat puasa pun harus dikurangi untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Lantas, olahraga seperti apa yang bisa dilakukan? Berikut daftarnya dilansir Heathline:

Saksikan Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jalan Santai dan Bersepeda

1. Jalan Santai

Saat puasa, hindari olahraga yang bisa membuat kamu mudah berkeringat. Nah, jalan santai adalah salah satu olahraga yang bisa kamu pilih.

Dengan jalan santai, kesehatan tubuh bisa terjaga terutama kesehatan jantung dan bagian otot serta tulang tanpa harus mengeluarkan keringat terlalu banyak.

Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ini seperti di sore hari menjelang buka puasa untuk mencegah kondisi lemas yang terlalu lama.

2.  Bersepeda Sore Hari

Bersepeda adalah contoh olahraga ringan sekaligus menyenangkan yang bisa kamu coba. Selain mengencangkan otot, bersepeda juga menyehatkan jantung.

Bersepeda saat puasa juga menjaga tubuh agar tidak lemas karena dengan bersepeda pikiran juga lebih tenang dan oksigen yang masuk ke dalam tubuh bisa terkontrol lebih mudah.

3 dari 4 halaman

Boling dan Angkat Beban

3. Boling

Boling termasuk olahraga ringan yang tidak membutuhkan banyak energi sekaligus tidak kalah mengasyikan dari bersepeda. Dengan bermain boling, kamu bisa berolahraga sembari menunggu waktu berbuka puasa. Olahraga ini bagus untuk menguatkan otot tangan dan melatih keseimbangan badan.

4. Latihan Beban

Kalau mendengar latihan beban, pasti kamu akan berpikir jika olahraga ini bisa menguras banyak energi. Nah, agar tidak menguras banyak energi, pilihlah beban yang tidak terlalu berat. Lakukan gerakan angkat beban yang halus secara perlahan-lahan agar otot tidak kram pada saat mengangkat beban.

4 dari 4 halaman

Jogging dan Yoga

5.  Jogging

Jogging sebenarnya mirip dengan berjalan santai, tapi dengan ritme yang sedikit lebih cepat. Tidak perlu khawatir, jogging masih termasuk ke dalam olahraga ringan yang dapat dilakukan selama puasa dan dapat dilakukan kapan saja.

6. Yoga

Yoga termasuk olahraga ringan karena tidak terlalu menguras energi. Berlatih yoga saat berpuasa mampu menjaga tubuh tetap segar, bugar dan lebih rileks. Seperti yang kita tahu, latihan yoga berfokus pada teknik pernapasan yang otomatis menambah suplai oksigen ke seluruh jaringan dan menyeimbangkan produksi hormon.

Tidak hanya itu, yoga membantu membakar kalori dan mampu memperbaiki postur tubuh. Bisa dipastikan olahraga ini tidak membuat kamu mudah lelah. Sebab, yoga tidak akan membuat kamu berkeringat banyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.