Sukses

Rossi Heran Melihat Performa Vinales dan Quartararo di MotoGP 2021

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valeninto Rossi belum mampu tampil meyakinkan di dua race MotoGP 2021.

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Yamaha Petronas SRT Valentino Rossi belum juga bisa tampil impresif pada ajang MotoGP musim ini. Dalam dua seri balapan yang sudah dilalui, Rossi sama sekali belum pernah naik podium. 

Tak jauh beda dengan Rossi, rekan setim di Petronas SRT, Franco Morbidelli juga masih sulit menunjukkan performa terbaiknya. Dia juga belum mampu finis di atas peringkat 12 di dua race awal.

Kabarnya, masalah yang ada di motor YZR-M1, terutama ban, membuat Rossi dan Morbidelli pun kesulitan untuk tampil cepat dan mengejar para kompetitornya di sirkuit Losail.

"Yang pasti itu bukan hasil yang bagus dan start dari belakang sangat sulit karena pada akhirnya kecepatan saya bukanlah bencana, tapi tidak cukup bertahan dengan grup pertama, terutama di lap pertama," ucap Rossi seperti dilansir Crash.net.

"Saya kehilangan sedikit terlalu banyak waktu karena dengan ban baru saya tidak cukup kuat. Dan setelah kami tidak terlalu jauh, maksud saya semua orang sangat cepat, sejalan, semua pembalap dan motor kuat," katanya.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rossi Heran

The Doctor menambahkan, jika timnya perlu melakukan perbaikan pada sistem grip ban belakangnya agar bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.

"Kami perlu meningkatkan cengkeraman belakang dengan ban lunak, karena kami semua balapan dengan ban lunak dan saya sedikit menderita. Saya lebih cepat dibandingkan minggu lalu, tetapi itu tidak cukup," ungkap juara dunia 9 kali itu.

Hasil positif justru mampu diraih pembalap tim pabrikan Yamaha, yaitu Maverick Vinales dan Fabio Quartararo. Berbanding terbalik dengan hasilnya yang diterima rider tim satelitnya, kedua pembalap yang sama-sama berasal dari Spanyol itu berhasil menjadi juara di dua seri beruntun. Dimana Vinales menjadi yang tercepat di MotoGP Qatar dan Morbidelli di seri MotoGP Doha.

Mengenai hal itu, Rossi mengaku heran dengan keduanya yang bisa bergantian menenangkan balapan.

“Menurut saya Quartararo melakukan balapan yang luar biasa. Pada balapan itu justru Vinales yang harus berjuang sedikit seperti yang dialami Quartararo pada balapan minggu lalu (MotoGP Qatar 2021),” ungkap Rossi.

"Balapan kali ini pun Quartararo tampil cepat seperti yang dilakukan Maverick pekan sebelumnya! Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Saya juga tidak tahu!," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Lakukan Evaluasi

Di sisi lain, manajer tim Petronas SRT Razlan Razali mengaku senang karena kedua rider-nya mampu menyelesaikan dua balapan dan akan melalukan evaluasi untuk seri balapan berikutnya.

"Sejujurnya, saya cukup senang bahwa kami sekarang telah menyelesaikan dua balapan MotoGP pertama di Qatar, karena kami sekarang dapat fokus untuk menganalisis apa yang telah terjadi dan bersiap untuk Portimão," kata manajer tim Razlan Razali.

"Begitulah adanya dan mudah-mudahan kami bisa tampil lebih baik di sana, terutama karena balapan yang cukup bagus bagi kami tahun lalu dengan podium yang diraih Franco," ia mengakhiri.

 

Penulis: Akbar Bintang Fahrizal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.