Sukses

Boleh Anda Coba, 5 Khasiat Minum Jus Semangka demi Kesehatan Tubuh

Selain menyegarkan, meminum jus semangka juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Silakan Anda rasakan manfaatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Selain menyegarkan saat dikonsumsi, buah semangka juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Tak mengherankan, bila semangka satu di antara buah yang disukai banyak orang.

Semangka biasanya dimakan secara langsung. Tapi, banyak orang membuat minuman jus semangka untuk dikonsumsi.

Untuk diketahui, semangka yang rendah karbohidrat dan tinggi serat mengandung asam amino. Misalnya, I-citruline dan karotenoid seperti likopen.

Bukan hanya itu. Mengonsumsi semangka ternyata dapat memenuhi 17 persen kebutuhan harian vitamin A dan 21 persen kebutuhan harian vitamin C.

Penasaran seperti apa saja manfaat yang didapat jika mengonsumsi jus semangka? Simak ulasan yang dikutip dari Boldsky, Selasa 6 April 2021.

 

 

 

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

 

Selain itu, jus semangka dapat merangsang proses keluarnya keringat untuk meminimalkan panas tubuh, menyeimbangkan elektrolit tubuh. Sebab, kandungan air semangka yang tinggi bisa memberikan kesejukan bagi tubuh.

Vitamin C di dalam jus semangka juga membantu meningkatkan kekebalan dan memperkuat tubuh.

 

 

3 dari 6 halaman

2. Meningkatkan Pencernaan

 

Semangka juga kaya kandungan air dan serat, sehingga mendorong kesehatan pencernaan. Dua vitamin antioksidan penting seperti vitamin C dan vitamin A dalam jus semangka dapat meningkatkan mikrobioma usus yang baik. 

Ini jelas membantu meningkatkan pencernaan yang kerap melemah dan lebih lambat. Apalagi di saat cuaca panas.

Likopen dalam jus juga membantu mengatasi banyak masalah pencernaan seperti kembung.

 

4 dari 6 halaman

3. Memberikan Energi

 

Diketahui pula, jus semangka menyediakan sekitar 30 kkal energo per 100 g jus. Untuk itu, jus semangka bisa menjadi minuman penambah energi instan lantaran adanya vitamin C, vitamin A dan magnesium. 

Nutrisi tersebut dikenal sebagai bahan bakal sel dengan energi dan meningkatkan kekuatan.

 

5 dari 6 halaman

4. Buang Racun

 

Semangka juga dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Kandungan mineral kalium yang tinggi dalam jus semangka membantu meningkatkan fungsi ginjal dan menyaring kelebihan asam urat, gula dan racun lain yang ada dalam darah.

 

6 dari 6 halaman

5. Jaga pH Tubuh

 

Kadar asam basa atau pH tubuh kita menurun dengan peningkatan suhu. Ketika pH menurun, tubuh menjadi asam yang menyebabkan kondisi seperti disfungsi hati, gagal jantung dan hipoglikemia. 

Karena itu, jus semangka dapat membantu menjaga pH tubuh secara alami dan mencegah infeksi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.