Sukses

4 Kota Gelar Indonesian Corporate Golf Series Championship

Indonesian Corporate Golf Series Championship diharapkan bisa meningkatkan potensi sport tourism di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Empat kota bakal menjadi tuan rumah untuk kejuaraan Indonesian Corporate Golf Series Championship (ICGSC). Kejuaraan golf ini akan memperebutkan Piala Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf).

Seri pertama kejuaraan Golf yang diselenggarakan oleh Satu Harmoni Guna Cita (SHGC) ini akan digelar di Pondok Indah Golf Course, Jakarta, 6 Juni. Seri kedua di Parahyangan Golf, Bandung, 29 Agustus. Seri ketiga di Merapi Golf, Yogyakarta, 24 Oktober. Seri terakhir Bali National Golf, Bali, 19 Desember.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyambut baik digelarnya Golf Series ini. Dia berharap kejuaraan golf ini bisa digelar setiap bulan hingga akhir tahun.

"Ini penggabungan olahraga dan pariwista, sport tourism. ini bangkitkan semangat dan buka peluang. Kali ini baru diumumkan empat, semoga ada tambahan dua lagi. Ini agar sampai akhir tahun nanti ada Corporate Golf Series di setiap bulan," ujarnya kepada wartawan, Minggu (4/4/2021).

"Saya menghitung di Asia, bisnis golf dan pariwisata kalau digabung potensinya 15 miliar dollar. Bisa ambil 20 persen saja dari peluang itu, itu kita bisa dapat sekitar 1,5 sampai 2 miliar dollar. Ini peluang karena lapangan golf sibuk kembali."

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rajin Olahraga

 

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (RI), Zainudin Amali mendukung penuh digelarnya Corporate Golf Series ini. Dia mengatakan, dimulainya kejuaraan ini bisa memicu kegemaran masyarakat untuk kembali berolahraga.

"Semoga wisata kita bisa tumbuh kembali. Ini arahan dari presiden juga karena Indonesia tempat yang bagus untuk sport tourism. Ini jadi pemacu buat masyarakat luas agar rajin berolahraga," ujarnya.

Sedangkan Dewan Pelindung Panitia Pelaksana, Syarif Cicip Sutardjo yakin olahraga golf bisa menjadi antibodi dalam menghalau penyakit di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang.

"Dengan adanya pandemi ini, olahraga jadi sangat penting untuk antibodi kita. Kalau ada serangan dari Covid, para pemain Golf bisa bertahan. Semoga Covid-19 ini bisa cepat berlalu," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Jaringan Bisnis

 

Panitia pelaksana mengusung tema “Sport, Network and Business”. Dengan tema ini diharapkan para peserta dapat mengembangkan jaringan bisnisnya di antara pengusaha lokal dan perusahaan multinasional, sehingga dapat membangun kembali sektor pariwisata di Indonesia,khususnya di bidang olahraga golf.

Dengan membaiknya sektor pariwisata diharapkan dapat mengembalikan daya beli masyarakat pada UMKM di daerah masing masing.

"Kerjasama yang erat antara inventor dan investor diharapkan bisa meningkatkan nilai ekonomi dan dampak sosial di Indonesia pada masa peralihan pandemi ini. Dengan adanya golf series ini kami yakin dapat menjadi wadah yang tepat untuk memulihkan kembali serta mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia," kata Ketua Panitia,Irawadi D. Hanafi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.