Sukses

MotoGP Qatar Jilid II : Quartararo Punya PR yang Sama dengan Valentino Rossi

Balapan MotoGP 2021 kembali akan berlangsung di sirkuit Losail, Qatar, pada akhir pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta Debut Fabio Quartararo bersama Monster Yamaha pada MotoGP 2021 tidak berjalan mulus. Kesempatannya untuk naik podium sirna akibat masalah klasik yang juga menimpa Valentino Rossi.

Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar, pekan lalu, Quartararo sempat tampil menjanjikan. Pembalap yang menggantikan posisi Rossi tersebut bahkan nyaris naik podium.

Sayang performanya terus menurun mendekati akhir balapan. Pemicunya adalah daya cengkram ban sepeda motornya yang merosot drastis. Seperti dilansir dari Crash.net, permasalahn yang sama juga dialami oleh Valentino Rossi yang musim ini bergabung dengan tim Petronas Yamaha. 

"Ketika Maverick (Vinales) melewati saya, dia hanya pesaing lain. Cengkraman ban sepeda motornya jauh lebih bagus dari kami," ujar Quartararo. "Saya harus berjuang seperti Valentino Rossi. Dia punya masalah yang sama dengan saya. Jadi ini situasi yang memang aneh,"  beber Quartararo.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Tampil Memukau

Quatararo tampil memukau di awal balapan. Dia mampu menghadirkan pertarungan sengit melawan pembalap-pembalap Ducati tidak lama setelah bendera start dikibarkan. Sayang, masalah ban yang dialaminya memaksa pembalap asal Prancis itu melorot perlahan dan hanya finis di urutan kelima. 

Rekan setimnya Vinales bernasih lebih baik. Vinales berhasil finis pertama diikuti Johan Zarco (Ducati) dan Francesco Bagnaia (Ducati). Sementara Valentino Rossi tercecer ke urutan 12.  

"Saya merasa sangat kuat di awal dan sesaat setelah saya melewati Jack, saya bisa mengejar Johann dengan cepat," kata Quartararo. "Namun saya merasa penurunan yang besar di ban yang mana itu tidak saya harapkan karena saat latihan dan tes, saya tidak pernah mengalaminya," beber Quartararo. 

 

3 dari 3 halaman

Berusaha Selembut Mungkin

Quartararo mengaku sudah berusaha selembut mungkin memacu kuda besinya. Namun tetap saja, dia tidak bisa menyelamatkan bannya. "Saya tidak membakar ban seperti mati-matian untuk menyalip. Saya merasa hebat, melakukan kecepatan tikungan yang hebat, dan hanya ban yang membuat penurunan besar. Jadi inilah mengapa saya tidak mengerti," ujar Quartararo menambahkan.

Seri kedua balapan MotoGP 2021 kembali akan berlangsung di Losail, Qatar pada akhir pekan ini. Masalah ini bakal jadi pekerjaan rumah atau PR bagi Quartararo dan Rossi saat balapan nanti. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.