Sukses

Saban Hari Kerap Jalan Kaki 30 Menit, Nantikan 6 Perubahan Ini

Anda bakal mengalami 6 perubahan pada tubuh bila kerap jalan kaki 30 menit saban hari. Simak ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap individu pasti melakukan aktivitas berjalan kaki saban hari. Hanya saja, jalan kaki bukanlah sekadar aktivitas biasa. Ternyata, jalan kaki tergolong olahraga sederhana yang dapat dilakoni kapan saja dan di mana saja.

Bukan hanya itu, ternyata banyak orang yang menyadari berjalan kaki bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Apalagi, bila Anda berjalan kaki secara rutin selama 30 menit setiap hari. Tanpa disadari ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh.

Mengutip Purewow, Kamis 25 Maret 2021), berikut sederet manfaat yang akan diperoleh tubuh Anda bila kerap berjalan kaki selama 30 menit saban hari.

 

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kian Bugar

Usai beberapa pekan melakoni rutinitas ini, jalan kaki setengah jam bakal terasa sangat ringan untuk Anda.

Bahkan, Anda mungkin terinspirasi naik ke level berikutnya. Misalnya, mencoba lari ataupun bersepeda selama 30 menit.

 

3 dari 7 halaman

2. Tingkatkan Sistem Pencernaan

Selepas mengonsumsi makanan berat, Anda jangan duduk di sofa depan TV. Jangan pula berbaring sembari memantau media sosial atau medsos.

Sebab, berjalan kaki selama 30 menit akan membantu saluran pencernaan Anda bergerak. Serta, menjaga kadar gula darah Anda lebih stabil, merujuk The New York Times.

 

4 dari 7 halaman

3. Perbaiki Suasana Hati

Berjalan kaki pun bisa membuat suasana hati meningkat dan tubuh menjadi lebih rileks dan santai. Supaya memperoleh pengalaman yang lebih dalam, Anda bisa mengunduh aplikasi meditasi. Dengarkan meditasi tersebut ketika berjalan kaki.

 

5 dari 7 halaman

4. Bakar 150 Kalori

Bila bergantung pada berat badan dan kecepatan berjalan, kemungkinan besar Anda bakal membakar sekitar 150 kalori. Terutama, bila Anda berjalan kaki selama setengah jam.

Lantas, jangan khawatir bila Anda hendak makan camilan kesukaan.

 

6 dari 7 halaman

5. Cegah Varises

Terbukti, merujuk Cleveland Clinic, berjalan secara teratur membantu mengurangi munculnya dan rasa sakit pada varises. Pastikan pula Anda berjalan kaki memakai alas kaki yang nyaman.

 

7 dari 7 halaman

6. Semakin Kreatif

Ketika Anda berjalan kaki, sebaiknya bawa buku catatan. Anda bakal terkejut betapa mudahnya ide-ide kreatif muncul saat sedang bepergian dan menjernihkan pikiran dengan berjalan kaki selama 30 menit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.