Sukses

Sambangi Piala Menpora 2021, Kapolri Buka Celah untuk Liga 1 dan Liga 2

Piala Menpora 2021 menjadi momentum untuk mengukur kesiapan menggelar kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

Liputan6.com, Jakarta Kapolri Jenderal, Listyo Sigit Prabowo, secara mendadak menyambangi venue Piala Menpora 2021, Stadion Mahanan Solo, Kamis (25/3/2021). Setelah melihat langsung perhelatan turnamen pramusim tersebut, Kapolri berniat membuka kembali pemicaraan perhelatan kompetisi Liga 1 dan Liga 2. 

Seperti diketahui, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) batal melanjutkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 setelah sebelumnya terhenti di tengah jalan akibat pandemi virus Corona COVID-19. Kepolisian Republik Indonesia tidak mengeluarkan izin keramaian menyusul pandemi yang belum berakhir. 

Namun Kapolri Listyo Sigit Prabowo kini punya pandangan berbeda. Itu setelah dia dan jajarannya meninjau langsung penyelenggaraan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 di Solo. Dalam kunjungan ini, Kapolri ditemani Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali.

Kedatangan Kapolri bersama Menpora juga disambut oleh Ketua umum PSSI Mohammad Iriawan serta jajarannya. Pada kesempatan itu hadir juga Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

"Saya sengaja meninjau langsung pertandingan Piala Menpora dengan maksud untuk mengetahui secara faktual. Kita tengok langsung dan Alhamdulillah pelaksanaan kegiatan kali ini sesuai dengan komitmen awal dan bagaimana pertandingan dilaksanakan dengan melaksanakan protokol kesehatan," kata Kapolri Listyo seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pintu Menuju Liga 1 dan Liga 2

Kapolri mengatakan standar protokol yang telah ditetapkan sudah dijalankan dengan baik. Mulai dari awal masuk stadion hingga aturan pemain masker untuk pemain cadangan.

"Mulai masuk diperiksa dulu, terus swab, diberikan gelang, dan di dalam saya lihat aturannya di bangku cadangan dan siap untuk menjadi pemain pengganti pakai masker," ujarnya menambahkan.

"Ini adalah penilaian yang bagus sesuai dengan yang kami harapkan. Tentunya ini akan jadi penilaian kami terkait perjalanannya. Kalau tertib kami akan bicarakan kembali soal persiapan Liga 1 dan Liga 2 yang memang ditunggu-tunggu klub dan suporter," ujar Kapolri menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Apreseasi Suporter

Kapolri tak lupa berterima kasih kepada suporter yang tidak nekat datang dan melakukan nonton bareng di sekitar stadion sehingga Piala Menpora 2021 berjalan dengan tertib dan sesuai rencana.

"Dalam kesempatan ini saya imbau ke suporter dan mengucapkan terima kasih atas dukungan ke tim yang jadi fan mereka sehingga semua berjalan tertib. Pertahankan itu dan ikuti vaksin. Semoga ini berjalan baik. Nanti kami akan kaji lagi untuk pelaksanan selanjutnya. Terpenting turnamen pramusim Piala Menpora ini berjalan lancar baik dan lancar sesuai perencanaan rencana," kata Listyo.

 Penulis : Akbar Bintang Fahrizal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.