Sukses

Inspeksi Mendadak Piala Menpora 2021, Kapolri Akui Protokol Kesehatan Berjalan Baik

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menceritakan pengalamannya ketika melihat laga Piala Menpora 2021 Persikabo 1973 versus PSIS Semarang di Stadion Manahan.

Liputan6.com, Solo - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengakui penerapan protokol kesehatan Covid-19 pada Piala Menpora 2021 berjalan baik. Dia menyatakan hal tersebut akan menjadi bahan penilaian untuk memberikan izin keramaian pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2 musim 2021.

Listyo memberikan penilaian setelah melakukan inspeksi mendadak ke lokasi persaingan Grup A Piala Menpora, Stadion Manahan, Solo, Kamis (25/3/2021).

"Ternyata pelaksanaannya sesuai dengan komitmen awal. Saya sengaja meninjau langsung tanpa pemberitahuan agar mengetahui situasi sesuai fakta yang ada," ujar Kapolri dalam konferensi pers daring, dilansir Antara.

Listyo menceritakan pengalamannya ketika masuk ke Stadion Manahan, Solo, yang sedang menggelar pertandingan Persikabo 1973 versus PSIS Semarang.

Begitu tiba, Kapolri menjalani prosedur seperti yang semua orang yang akan berada di stadion, yaitu menjalani tes usap antigen. Setelah dinyatakan negatif, Listyo wajib mengenakan gelang kertas di pergelangan tangan sebagai pendanda telah diperiksa.

Saksikan Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terapkan Protokol

Listyo kemudian masuk ke stadion untuk memeriksa ruang ganti serta lapangan. Pria asal Ambon itu melihat sendiri semua pemain, pelatih, serta perangkat pertandingan melakukan prosedur kesehatan dengan baik, seperti menjaga jarak dan selalu menggunakan masker.

"Jadi, hanya pemain yang bertanding saja yang tidak menggunakan masker. Mereka telah di-swab sebelum masuk ke stadion. Pemain juga sudah divaksin dan semoga semua berjalan sesuai harapan," kata Kapolri.

 

3 dari 3 halaman

Apresiasi Menpora dan PSSI

Menpora Zainudin Amali yang turut mendampingi mengapresiasi kehadiran Listyo di Piala Menpora 2021. "Beliau bisa melihat sendiri, dan tentu dapat memberikan penilaian terhadap komitmen dari PSSI dan penyelenggara," tutur Zainudin.

Sementara Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berharap penilaian baik dari Kapolri terhadap penerapan protokol kesehatan di Piala Menpora 2021 bakal berujung ke pemberian izin keraiaman kompetisi tahun ini.

"Kami berharap Pak Kapolri memberikan izin Liga 1 dan Liga 2," ujar Iriawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.