Sukses

MotoGP Qatar: Valentino Rossi Merasa Berada di Jalur yang Tepat untuk Bangkit

Musim lalu, Valentino Rossi harus puas finis di urutan ke-15 klasemen pembalap MotoGP 2021.

Liputan6.com, Jakarta Valentino Rossi cukup percaya diri menghadapi persaingan pada MotoGP 2021. Tahun ini, untuk kali pertama, pembalap MotoGP yang dijuluki The Doctor itu bakal memperkuat tim Petronas Yamaha.

Rossi seperti dilansir Crash.net, ingin bangkit dari keterpurukan yang menimpanya musim lalu. Sempat kehilangan dua race akibat COVID-19, Rossi pun harus puas mengakhiri MotoGP 2020 di urutan ke-15.

Hasil tes pramusim pertama Rossi di Qatar sebenrnya tidak terlalu menjanjikan. Pembalap asal Italia itu hanya mampu berada di urutan ke-19. Namun hal ini tidak membuat semangatnya kendur. Sebaliknya, Rossi bersama tim dan mekanik barunya tetap antusias menatap seri pembuka ini.

Ini bisa terlihat dari hasil tes pramusim kedua Rossi yang menunjukkan peningkatan. The Doctor berhasil naik ke posisi 11 dengan catatan waktu 0,8 detik lebih cepat dari pembalap Ducati, Jack Miler.

Badai pasir yang mewarnai jalannya tes pramusim sebenarnya menyulitkan untuk menakar kekuatan masing-masing pembalap pada seri pembuka nanti. Hanya saja, Rossi yang sudah mengnjak usia 42 tahun masih tetap optimistis berada di barisan pembalap yang berpotensi naik podium.

"Setelah uji coba di Qatar, saya merasa lebih kuat dan keseimbangan motor saya juga bagus. Saya mencapai lap terbaikku di sirkuit itu, di mana itu merupakan hal bagus dan positif," beber Rossi. 

"Menurutku, banyak juga pembalap lain yang naik sepeda motor berbeda, tapi kami benar-benar berada dalam gerombolan mereka. Kecepatan kami tampaknya sangat bagus, jadi saya pikir kami sudah siap mengawali musim ini di Qatar pada akhir pekan nanti," ujar The Doctor menambahkan. 

 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berawal dari Qatar

Balapan musim ini akan diawali dari sirkuit Losail, Qatar, 28 Maret 2021. Rossi yang sudah memenangkan sembilan gelar juara dunia sudah dua kali menang di sana, yakni 2010 dan 2015. 

"Atmosfer di tim sangat bagus, kami telah bekerja dengan baik dan berada di jalur yang tepat. Saya sangat antusias ingin mengawali musim ini dengan baik dalam beberapa hari ini," ujar Rossi. 

 

3 dari 3 halaman

Beda Mesin dengan Rekan Setim

Meskipun sudah meninggalkan tim utama Yamaha, mesin motor yang dipergunakan Rossi pada balapan tahun ini tidak berubah. Dia masih memakai mesin dengan spesifikasi pabrikan, sementara rekan setimnya, Franco Morbidelli tetap menggunakan sepeda motor dengan mesin Spec A. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.