Sukses

Persib vs Bali United Jadi Ajang Robert Alberts Ukur Kemampuan

Pelatih Persib Robert Alberts menjadikan laga big match tersebut untuk mengukur kemampuan pemain.

Liputan6.com, Bandung Persib Bandung akan melakoni laga perdana babak penyisihan Grup D turnamen pramusim Piala Menpora 2021 melawan Bali United di Stadion Maguwoharjo Sleman, Rabu (24/3/2021). Pelatih Persib Robert Alberts menjadikan laga big match tersebut untuk mengukur kemampuan pemain.

Persib bertemu Bali United di laga pertama Grup D. Maung Bandung, julukan Persib, harus mampu meraih hasil maksimal sebagai modal untuk melakoni dua laga lainnya yang tidak kalah berat.

Robert mengaku telah mempersiapkan timnya untuk pertandingan esok. Pelatih asal Belanda ini tak menampik persiapan timnya selama dua pekan masih jauh dari ideal. Namun, kehadiran Piala Menpora 2021 sudah membuat gairah dan harapan penuh pemain untuk menyongsong musim sepakbola lagi.

"Senang melihat pemain karena dalam mood yang bagus setelah satu tahun tidak bermain, menyentuh bola lagi, bermain bersama dan merasa bagus untuk bisa bermain sepakbola lagi. Jadi persiapan sekitar dua pekan berjalan positif, sangat menyenangkan dan kami merasa siap," ujarnya dalam sesi jumpa pers, Selasa (23/3/2021).

Dalam lawatan ke Sleman, Robert memboyong 23 pemain ke Sleman. Tak terkecuali rekrutan baru Ezra Walian dan pemain yang baru saja pulang dari Brasil, Wander Luiz.

"Untuk Ezra dan Luiz tentu kami membawa mereka ke sini untuk bermain sepakbola. Jadi mereka akan bermain," katanya.

Robert tak memungkiri Bali United merupakan tim di Liga Indonesia saat ini yang siap di lapangan. Sebagai juara bertahan di liga, kata dia, Serdadu Tridatu merupakan tim yang punya kualitas baik itu dari segi komposisi pemain dan manajemen klub.

Selain itu, Robert juga mengakui adanya kelebihan Bali United di Piala Menpora kali ini. Yaitu soal masa persiapan yang lebih panjang dibanding tim peserta turnamen pramusim ini termasuk Persib.

"Mereka juga mempunyai keuntungan jika dibandingkan dengan tim lain karena sudah berlatih lebih lama. Pemain mereka mayoritas sudah lebih fit dari pemain tim lain dan fokus mereka adalah persiapan menuju Piala AFC. Jadi bagus bagi kami untuk mengukur di mana level kami berada," ungkapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Supardi Tak Ikut

Pada kesempatan itu, Robert akhirnya menjelaskan soal tak ikutnya kapten tim Persib Supardi Nasir. Supardi rupanya tengah mengikuti lisensi B kepelatihan di Padang, Sumatera Barat.

"Dia sedang mengikuti lisensi kepelatihan di Padang dan tentunya dia mendapat persetujuan dari saya untuk mengikuti kursus itu," ujar Robert.

Robert mempersilakan Supardi mengikuti lisensi kepelatihan karena saat ini masih pramusim. Ia pun mendukung pemain 37 tahun itu untuk menapaki karier sebagai pelatih.

"Jadi, kami turut senang untuk Supardi karena di masa depan saya yakin dia bisa melanjutkan kursus kepelatihannya karena setelah ini dia akan memasuki kursus lisensi A. Dia memiliki kualitas jadi kami mendukungnya untuk mendapatkan lisensi itu," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Rotasi Kapten

Disinggung pengganti Supardi selaku kapten tim, Robert mengaku sudah mengantongi sejumlah nama. Mulai dari I Made Wirawan, Victor Igbonefo, Achmad Jufriyanto hingga Dedi Kusnandar.

"Masih ada beberapa nama yang bisa dirotasi untuk menjadi kapten dan kami belum memiliki kapten tetap sekarang, masih dirotasi," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.