Marc Marquez Dipastikan Absen di Seri Pembuka MotoGP 2021

Oleh Harley Ikhsan pada 22 Mar 2021, 22:00 WIB
Diperbarui 22 Mar 2021, 22:00 WIB
Marc Marquez
Perbesar
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez saat mengikuti tes menggunakan motor Honda RC213V-S. (Twitter/Repsol Honda)

Liputan6.com, Barcelona - Andalan Repsol Honda Marc Marquez dipastikan absen pada seri pembuka MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar, akhir pekan ini. Dia menuruti saran tim medis terkait pemulihan cedera tulang humerus kanan.

Marquez memilih menunda tampil agar kondisinya benar-benar sembuh.

"Marc Marquez,, bersama tim medis dari Rumah Sakit Ruber Internacional, memilih bijaksana untuk tidak kembali mengikuti kompetisi akhir pekan ini di Qatar," tulis keterangan resmi Repsol Honda.

Tim medis yang dipimpin Dokter Samuel Antuna dan Ignacio Roger de Ona pada pemeriksaan rutin 15 pekan setelah operasi ketiga Marquez menemukan respon klinis yang baik usai sang pembalap melanjutkan latihan intensif.

Namun, mempertimbangkan waktu dan kondisi konsolidasi tulang Marquez, dokter menyarankan juara dunia MotoGP enam kali itu agar menahan diri kembali ke trek.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tidak Memaksakan Diri

Marc Marquez
Perbesar
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. (AFP/LLuis Gene)

Tujuannya demi menghindari resiko terhadap humerus Marquez akibat sengitnya kompetisi. "Setelah peninjauan terakhir dengan tim medis, para dokter menyarankan saya hal paling bijak adalah tidak ambil bagian di Qatar dan meneruskan rencana pemulihan yang kami jalani dalam beberapa pekan," ungkap Marquez.

"Saya akan senang berpartisipasi di balapan pembuka Kejuaraan Dunia ini, tapi saya harus melanjutkan tugas agar bisa pulih optimal dan membantu kembali ke kompetisi."

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Estimasi Tampil

Marc Marquez
Perbesar
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. (LLUIS GENE / AFP)

Repsol Honda tidak memberikan detail berapa lama juara dunia delapan kali itu akan melanjutkan proses pemulihan Marquez. Namun, dia dijadwalkan kembali menjalani cek medis pada 12 April.

Artinya, kemungkinan besar Marquez juga akan melewatkan balapan kedua di Qatar pada 4 April.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cedera Serius

Marc Marquez
Perbesar
Marc Marquez. (AFP/Mohd Rasfan)

Marquez menderita cedera tulang humerus kanan setelah terjatuh pada seri pembuka 2020 di Jerez. Memaksa langsung tampil di seri selanjutnya sepekan kemudian, dia membuat kondisinya tambah buruk sehingga melewatkan sisa musim 2020.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video MotoGP Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓