Sukses

Serda Aprilia Manganang Sah Menjadi Pria

Serda Aprilia Manganang sah menjadi pria setelah majelis hakim Pengadilan negeri Tondano mengabulkan permohonannya. Dia kini bernama Aprilio Perkasa Manganang.

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tondano memutuskan mengabulkan permohonan Serda Aprilia Manganang untuk pergantian jenis kelamin dan nama. Mantan atlet voli timnas putri Indonesia itu sekarang sah menjadi pria baik secara fisik dan administrasi kependudukan.

"Mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya," kata majelis hakim di Pengadilan Negeri Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara, Jumat (19/3/2021).

Nama Serda Aprilia Santini Manganang kini menjadi Aprilio Perkasa Manganang. Semua putusan pengadilan akan diteruskan secara administrasi ke pihak Dukcapil setempat.

Serda Aprilia Manganang tampak menangis dan menghela napas lega atas putusan majelis hakim. "Jangan menangis," kata hakim.

 

 

Saksikan Video Aprilia Manganang di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perasaan pemohon

Serda Aprilia Manganang menjalani persidangan pergantian nama dan jenis kelamin secara online di Mabes TNI Angkatan Darat, Jakarta Pusat. Dalam persidangan ini, dia menyampaikan keinginannya untuk menjadi pria baik secara fisik dan administrasi kependudukan.

Awalnya, majelis hakim menanyakan perasaan Serda Manganang sebelum menskors sidang 20 menit untuk mengambil keputusan.

"Perasaan pemohon setelah jalani operasi meskipun katanya masih ada operasi selanjutnya?," tanya hakim kepada Serda Manganang di PN Tandano, Jumat (19/3/2021). Serda Manganang menjawab dirinya sangat menantikan momen tersebut.

 

 

3 dari 3 halaman

Ingin Menjadi Pria Sejati

Serda Aprilia Manganang bahagia dan berterima kasih kepada Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa dan istrinya, Hetty Andika Perkasa.

"Saya sangat bersyukur atas saran semuanya saya bisa lewati itu dan mungkin ini momen terindah buat saya, saya mau lewati ini dengan hidup baru," kata Serda Aprilia.

Hakim pun mencoba menenangkan Serda Aprilia yang tampak mengontrol emosinya."Jangan nangis, jangan nangis," kata Hakim.

"Maaf Ibu, saya ingin menjadi laki-laki sejati dan bisa bertanggung jawab," jawab April dengan suara bergetar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.