Sukses

Aprilio Perkasa Manganang, Nama Baru Serda Aprilia Manganang Setelah Menjadi Pria

Aprilio Perkasa Manganang merupakan nama baru Serda Aprilia Manganang setelah dinyatakan sebagai pria.

Liputan6.com, Jakarta - Prajurit TNI Angkatan Darat Serda Aprilia Manganang menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Tondano, Manado, Sulawesi Utara, Jumat (19/3/2021). Sidang permohonan pergantian jenis kelamin dan nama ini berlangsung secara online.

Pantuan Liputan6.com, Serda Aprilia Manganang menjalani sidang dari Mabes TNI Angkatan Darat, Jakarta Pusat. Dia didampingi langsung Kepala Staf Angkatan Darat atau KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa dan sang istri.

Serda Aprilia tampil dengan penampilan prajurit TNI AD pria. Sementara itu, tim kuasa hukum dan hakim disaksikan lewat layar besar yang disediakan.

Dalam persidangan ini, tim kuasa hukum menyediakan seluruh administrasi yang dibutuhkan untuk pertimbangan majelis hakim. Termasuk para saksi, yang di antaranya orang tua dan dokter.

"Meminta, menerima, dan mengabulkan pemohon untuk seluruhnya. Menerima izin kepada pemohon untuk mengganti status jenis kelamin yang semula perempuan menjadi laki-laki," kata kuasa hukum Serda Manganang di PN Tandano, Manado.

 

Saksikan Video Aprilia Manganang di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nama baru Manganang

Kuasa hukum juga meminta majelis hakim dapat memerintahkan pihak dukcapil setempat untuk mengganti identitas kependudukan Serda Aprilia Manganang secara administrasi.

"Mengizinkan kepada pemohon mengganti nama dari nama semula Aprilia Santini Manganang menjadi Aprilio Perkasa Manganang," ucap kuasa hukum.

 

3 dari 3 halaman

Hipospadia

Seperti diberitakan sebelumnya, Serda Aprilia Manganang dinyatakan sebagai laki-laki tulen setelah menjalani serangkaian pemeriksaan medis di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta. Mantan atlet bola voli timnas Indonesia dinyatakan menderita hipospadia sejak lahir.

Pemeriksaan medis terhadap Manganang telah berlangsung sejak Februari 2021 meliputi jumlah kadar hormon testoteron, urologi, hingga pencitraan resonansi magnetik atau Magnetic Resonance Imaging (MRI).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.