Sukses

PBVSI Ungkap Nasib Penghargaan yang Pernah Diterima Aprilia Manganang

Aprilia Manganang baru saja dinyatakan sebagai laki-laki tulen. Dulunya Aprilia merupakan atlet voli putri ternama.

Liputan6.com, Jakarta- Atlet voli Aprilia Manganang pada pekan ini telah diputuskan sebagai pria tulen. Sebelumnya Aprilia dikenal sebagai atlet voli wanita ternama di Indonesia.

Aprilia dinyatakan sebagai laki-laki tulen setelah menjalani serangkaian pemeriksaan medis di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. Aprilia Manganang dinyatakan menderita hipospadia sejak lahir.

"Aprilia Manganang tidak seberuntung kita semua. Saat dilahirkan dia punya kelainan pada sistem reproduksinya, hipospadia," ujar Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa di dalam konferensi pers di Mabes TNI AD, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021).

Usai Aprilia dinyatakan berjenis kelamin pria maka masalah pun muncul. Bagiamana nasib beragam penghargaan yang pernah didapat Aprilia saat masih berstatus sebagai pevoli putri.

Sewaktu masih aktif bermain, Aprilia pernah meraih beragam penghargaan dan juga membela Indonesia di SEA Games. Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) akhirnya angkat bicara dalam jumpa pers virtual, Kamis (11/3/2021) sore.

Ketua Bidang III PBVSI Hanny Sukarti memastikan seluruh gelar juara yang pernah diraih Aprilia di Proliga tidak akan dicabut dan tetap menjadi miliknya.

Saksikan Video Menarik ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar

"Kami mendukung penuh keputusan April yang didukung KSAD Jendral Andika Prakasa. Ini keputusan pribadinya. Faktanya April sudah mundur dari voli sejak tahin lalu," ungkap Hanny.

"Seluruh penghargaan sewaktu itu bermain di Proliga tidak akan dicabut karena itu hak dia. Apa yang terjadi bukan karena kesengajaan melainkan faktor kelahiran yang dia juga tidak tahu dirinya laki-laki.

"Kita juga kasih penghargaan setinggi-tingginya untuk April karena sudah banyak sumbangsih untuk voli Indonesia baik nasional maupun internasional."

3 dari 4 halaman

Proliga

Aprilia total pernah tiga kali meraih gelar MVP atau pemain terbaik Proliga di musim 2016, 2017 dan 2019. Untuk gelar juara Proliga, Aprilia pernah meraihnya tiga kali bersama Jakarta Elektrik PLN dan yang terakhir dengan PGN Popsivo Polwan di tahun 2018.

Berkat kariernya yang gemilang di Proliga, Aprilia direkrut Generali Supreme Chonburi E-Tech. Prestasi kembali menghampiri. Dia membawa klub Thailand itu memenangkan Thai-Denmark Super League 2019. Aprilia juga terpilih sebagai MVP kompetisi tersebut.

4 dari 4 halaman

Timnas Voli Indonesia

Berkat penampilan hebatnya, dia selalu dipanggil untuk memperkuat timnas voli wanita. Dia jadi andalan yang diharapkan bisa memberi prestasi mentereng untuk Indonesia.

Hingga pensiun, Aprilia Manganang belum memberi emas untuk Indonesia. Di pentas internasional, Aprilia Manganang mempersembahkan medali perunggu SEA Games 2015 dan 2019 serta perak SEA Games 2017. Dia juga memperkuat timnas voli wanita di Asian Games 2018.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.