Sukses

Dua Tim Esports Indonesia Akan Berlaga di Valorant Masters

Indonesia akan mengirimkan dua wakil di Kejuaraan esports Valorant Asia Tenggara.

Liputan6.com, Jakarta Dua tim esports dari Indonesia akan berlaga di Valorant Masters, kompetisi level regional Asia Tenggara. Tim yang mewakili Indonesia berasal dari kompetisi Valorant Challengers Indonesia Stage 01 yang telah memasuki tahap akhir. Sejauh ini baru satu tim yang sudah dipastikan akan mewakili Indonesia. 

Valorant Challengers Indonesia Stage 01 sudah memasuki Final Qualifier 3 yang akan diselenggarakan mulai tanggal 12 hingga 14 Maret 2021. Pemenang akan menjadi perwakilan Indonesia yang kedua untuk bertanding di Valorant Masters. 

Dengan sistem turnamen berseri, seluruh tim yang bertanding dalam Valorant Challengers Indonesia Stage 01 akan terseleksi secara bertahap, dan menyisakan dua tim terbaik untuk mewakili Indonesia dalam turnamen regional SEA MASTERS 01. 

Dimulai dari Qualifier 1, empat besar tim yang bertanding dalam babak final, yaitu Boom Esports, Alter Ego, Seniman Grooming dan Morph Team, melanjutkan perjalanan mereka di Final Qualifier 2. 

Dilanjutkan di tahapan Qualifier 2, empat tim tersebut akan bertemu dengan empat besar dari babak Open Qualifier 2, XCN, Reckless Lads, Wolfpack, dan NXL Ligagame.  

Setelah melalui babak demi babak dengan menggunakan sistem Best of 3, tim Boom Esports bertemu dengan tim NXL Ligagame dalam babak Grand Final. Khusus untuk Grand Final, sistem pertandingan menggunakan Best of five.

Tim Boom Esports berhasil memenangkan pertandingan ronde pertama, namun tim NXL Ligagame tidak tinggal diam dan langsung mendominasi permainan dengan skor akhir 3-1 dan mengukuhkan kemenangan tim NXL Ligagame sebagai wakil Indonesia pertama untuk kemudian melanjutkan perjuangan ke turnamen Valorant SEA Masters 01 dan membawa pulang hadiah sebesar Rp30 juta. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Antusiasme

Tim Boom Esports sebagai juara kedua juga berhak untuk membawa pulang uang sebesar Rp20 juta. Di posisi ketiga tim XCN juga akan membawa pulang hadiah uang sebesar Rp15 juta dan tim Alter Ego membawa pulang Rp10 juta sebagai juara keempat.

Ketiga tim ini juga akan melanjutkan perjuangan mereka bersama dengan lima tim besar dari babak Open Qualifier 3 dalam pertandingan Final Qualifier 3 untuk kemudian memperebutkan tempat selanjutnya sebagai perwakilan Indonesia di babak Valorant SEA Masters 01. 

Antusiasme pecinta gim FPS Valorant juga sudah terlihat sejak dibukanya Qualifier 1 hingga Qualifier 3 dengan lebih dari 150 tim yang mendaftar. Turnamen ini terbukti mampu membangkitkan kembali ekosistem gim FPS. 

“Antusiasme yang besar untuk gim Valorant sudah terasa sejak turnamen pertama yang kami selenggarakan, Valorant First Strike. Karena itu, kami cukup percaya diri, bahwa rangkaian Valorant Challengers Indonesia akan mendapatkan sambutan hangat dari para pecinta gim di Indonesia,” ujar VP Business and Development One Up Edwin, dalam sebuah pertemuan virtual, Selasa (9/3/2021).

3 dari 3 halaman

Potensi

Chris Tran selaku Head of Esports Riot Games Southeast Asia, Hongkong and Taiwan menambahkan, pihalnya sangat senang melihat momentum yang dimiliki oleh ekosistem esports Valorant. Ia juga memuji bagaimana tim-tim dan para pemain secara aktif memakai gim dan turnamen-turnamen dari gim Riot Games sebagai wadah untuk mempertontonkan kemampuan dan bakat yang mereka punya. 

"Indonesia sudah punya pemain-pemain yang kuat dan bakat esports yang menjanjikan, dan kami percaya bahwa dua tim terbaik yang mendapatkan berhasil mendapatkan tempat dalam pertandingan di Valorant SEA Masters 01 pasti akan mengharumkan nama Indonesia dalam tingkat regional," kata Chris. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.