Persipura Jayapura Absen dari Piala Menpora 2021, Benhur Sebut PT LIB Tidak Adil

Oleh Harley.Ikhsan pada 09 Mar 2021, 20:30 WIB
Diperbarui 09 Mar 2021, 20:30 WIB
Ketua Umum Persipura Jayapura Benhur Tomi Mano
Perbesar
Ketua Umum Persipura Jayapura Benhur Tomi Mano (Risa Rahayu Kosasih)

Liputan6.com, Jayapura - Persipura Jayapura memastikan bakal absen dari turnamen pramusim Piala Menpora 2021, Selasa (9/3/2021). Mutiara Hitam menyatakan sudah memberitahu sikap tersebut melalui surat resmi kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) sejak jauh-jauh hari sebelum undian digelar kemarin.

Ketua Umum Persipura Benhur Tomi Mano pun mengaku kaget ketika melihat pemberitaan Organizing Committee (OC) Piala Menpora menyampaikan masih menunggu konfirmasi keikutsertaan Persipura hingga minggu depan.

"Padahal sebelum drawing kami sudah bersurat dan menyampaikan tidak bisa ikut Piala Menpora 2021. Mereka sudah tahu itu," tulis Benhur di akun resmi Instagram klub.

Benhur menyebut karena PT LIB selaku OC Piala Menpora berlaku tidak adil dan tidak profesional sebagai alasan utama Persipura tidak ikut Piala Menpora.

"PSSI juga tahu itu, karena kami sudah bersurat dan menjelaskan semua itu. Kami dengar Ketua Umum PSSI juga sudah panggil OC dan marah soal itu. Secara lisan juga sudah kami jelaskan kepada Pak Iwan Budianto dan Pak Pieter Tanuri," jelas Benhur.

Dia menyatakan Persipura akan mengambil langkah berbeda jika sejak awal PT LIB berlaku adil dan saling menghargai.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 4 halaman

Lama Berdiam Diri

Benhur Tommy Mano, Freeport, Persipura, Bola.com, Chappy Hakim
Perbesar
Benhur Tommy Mano, Presiden Persipura sekaligus Walikota Jayapura saat memberikan sambutan penyerahan Bonus dari PT. Freeport kepada Tim Persipura di Kartika Candra, Jakarta, (06/1/2017), (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Selama ini, Benhur menyebut Persipura berdiam diri karena masih menghargai Menpora dan PSSI sebagai federasi. Dia juga menepis mundurnya Persipura karena intrik, persoalan finansial, hingga kesulitan mengumpulkan pemain.

"Ada yang menganggap ini intrik, untuk apa kita lakukan, tidak ada gunanya. Ada yang mengira persoalan finansial, tidak. Piala ini klub tidak banyak keluarkan dana, karena banyak yang ditanggung penyelenggara. Ada yang menganggap kami kesulitan mengumpulkan pemain, tidak juga, 80 persen pemain kami tinggal di Jayapura," ungkapnya.

Dalam unggahannya itu, Benhur juga menyampaikan permintaan maaf kepada pendukung Persipura yang sedih karena klub kebanggaannya tidak tampil di Piala Menpora.

3 dari 4 halaman

Masuk Grup A

Suasana drawing Piala Menpora 2021.
Perbesar
Suasana drawing Piala Menpora 2021. (Bola.com/Muhammad Adiyaksa).

Dengan tidak ikut sertanya Persipura, maka turnamen Piala Menpora 2021 hanya akan diikuti oleh 17 tim. Dalam undian, Persipura masuk Grup A bersama Arema FC, PSIS Semarang, Barito Putera, dan PS Tira Persikabo.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓