Sukses

IBL Jadi Ajang Mempersiapkan Timnas Basket Indonesia

IBL 2021 sudah diizinkan bergulir lagi pada 10 Maret 2021. Ini jadi berita baik untuk persiapan timnas basket Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah mengupayakan kompetisi IBL 2021 bisa digelar. Pasalnya pelaksanaan IBL sangat penting bagi masa depan timnas basket Indonesia. 

Lewat IBL, pemain timnas ditempa untuk kemudian berjuang demi Merah Putih di ajang internasional. Timnas Basket Indonesia perlu tim yang tangguh karena banyak ajang besar menanti. 

Tahun ini, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2021. Pelaksanaannya diagendakan pada 16-28 Agustus nanti. Kemudian pada 2023, giliran jadi penyelenggara FIBA World Cup. Di ajang ini, Indonesia menjadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang.

"Menyambut dua ajang internasional ini, IBL memiliki peran penting dalam proses pembentukan timnas Indonesia. Melalui kompetisi ini, pemain akan tertempa fisik, mental, dan skill. Mereka juga bisa menambah jam terbang. Karena itu, terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mensukseskan terselenggaranya IBL musim ini," ungkap Sekjend PP Perbasi Nirmala Dewi di Jakarta.

Seperti diketahui, IBL 2021 rencananya akan diputar mulai 10 Maret nanti. Robinson Cisarua Resort Bogor dipilih sebagai venue. Dengan format gelembung, di sini akan diputar empat seri sekaligus yang akan berlangsung hingga 10 April. Seri I pada 10-15 Maret, Seri II pada 18-23 Maret. Kemudian seri III 26-31 Maret, dan seri IV 5-10 April.

Saksikan Video Menarik Berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kampanye

Setelah sebulan berjuang, mereka libur puasa. Perjuangan peserta IBL berlanjut pada 23 Mei-6 Juni 2021. Kali ini tempatnya bergeser ke Mahaka Square Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Di home based Satria Muda Pertamina itu akan menggelar babak playoff pada 23-25 Mei serta semifinal pada 27-29 Mei. Sedangkan partai final IBL 2021 akan digelar dengan format best of three pada 3, 4, dan 6 Juni.

"Melalui IBL, juga bisa menjadi ajang kampanye ke dunia luar. Bahwa meski pandemi Covid 19 masih mewabah, kompetisi basket di Indonesia masih tetap bisa diputar. Ini jelas menjadi modal bagus untuk meyakinkan dunia internasional di saat Indonesia akan menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023," tukas sekjen wanita pertama PP Perbasi itu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.