Penting di Masa Pandemi Covid-19, 5 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Oleh stella maris pada 03 Mar 2021, 13:30 WIB
Diperbarui 03 Mar 2021, 13:30 WIB
Gambar ilustrasi diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Food and Drug Administration AS menunjukkan Virus Corona COVID-19. (US Food and Drug Administration/AFP)
Perbesar
Gambar ilustrasi diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Food and Drug Administration AS menunjukkan Virus Corona COVID-19. (US Food and Drug Administration/AFP)

Liputan6.com, Jakarta Kekebalan tubuh adalah faktor yang sangat diperlukan di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Dengan terjaganya kekebalan tersebut, tubuh bisa tetap kuat dan sehat.

Banyak upaya yang bisa dilakukan untuk membantu mencapai kondisi tersebut, seperti mencuci tangan, cukup tidur, mengendalikan stres, dan berolahraga.. Namun, semua upaya untuk menjaga sistem kekebalan tubuh seperti itu, belum juga cukup. Tubuhmu juga perlu asupan lain.

Pendorong itu bisa berasal dari makanan, seperti buah, sayur, dan biji-bijian. Seperti dilansir dari The Active Times, berikut beberapa rekomendasi makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu:

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 7 halaman

Pisang

Ilustrasi pisang
Perbesar
Ilustrasi pisang (dok. unsplash/ Priscilla Du Preez)

Pisang dapat meningkatkan energi, karena menjadi sumber karbohidrat yang sehat. Selain itu, kandungan kaliumnya juga penting untuk otot dan ginjal. Pisang juga tinggi B6, vitamin yang bermanfaat bagi fungsi kekebalan tubuh.

3 dari 7 halaman

Stroberi

Resep Avoberry Smoothie, Kombinasi Alpukat dan Stroberi untuk Pagi Hari
Perbesar
Ilustrasi avoberry smoothie. (dok. Anthony Shkraba/Pexels)

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal Food & Function disebutkan stroberi adalah sumber vitamin yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan pencegahan penyakit.

Warna merah yang cerah menunjukkan konsentrasi antioksidan yang tinggi, dan bagus untuk sistem kekebalan tubuh.

4 dari 7 halaman

Jeruk

Gambar Ilustrasi Buah Jeruk
Perbesar
Sumber: Unsplash

Jeruk, bukan lagi rahasia umum, mengandung vitamin C dan sangat penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Dan, tubuh sendiri sebenarnya tidak bisa memproduksi vitamin C secara alami.

Salah satunya dengan mengonsumsi suplemen vitamin C yang dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Itu karena vitamin C dapat membantu memproduksi sel darah putih yang mampu melindungi tubuh terhadap infeksi.

Vitamin C merupakan antioksidan yang melindungi biomolekul penting dalam tubuh, seperti protein, lipid, karbohidrat, dan asam nukleat, dari kerusakan oksidan yang dihasilkan selama metabolisme sel normal dan melalui paparan racun dan polutan.

5 dari 7 halaman

Tuna

Ikan tuna dan cakalang. (Dok KKP)
Perbesar
Ikan tuna dan cakalang. (Dok KKP)

Salah satu makanan terbaik untuk menurunkan berat badan adalah tuna karena tinggi asam lemak omega-3. Selain itu, tuna juga terbukti membantu menangkal depresi dan penurunan kognitif.

Kandungan Omega-3 juga dalam tuna juga membantu melawan peradangan, penyakit jantung, dan berkontribusi pada sistem kekebalan yang kuat.

6 dari 7 halaman

Bayam

Makanan untuk Usia 5o Tahun
Perbesar
Bayam dan Brokoli / Sumber: iStockphoto

Bayam ada baiknya dikonsumsi lebih sering di masa pandemi seperti sekarang ini. Sayuran ini menawarkan banyak manfaat, mulai dari mengatasi rabun senja hingga pembekuan darah. Bayam juga kaya vitamin dan mineral serta nutrisi penting lainnya untuk fungsi kekebalan tubuh.

7 dari 7 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓