Sukses

Penting di Masa Pandemi Covid-19, 5 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Di masa pandemi Covid-19 ini, terjaganya kekebalan bisa membuat tubuh bisa tetap kuat dan sehat. Ada makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu.

Liputan6.com, Jakarta Kekebalan tubuh adalah faktor yang sangat diperlukan di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Dengan terjaganya kekebalan tersebut, tubuh bisa tetap kuat dan sehat.

Banyak upaya yang bisa dilakukan untuk membantu mencapai kondisi tersebut, seperti mencuci tangan, cukup tidur, mengendalikan stres, dan berolahraga.. Namun, semua upaya untuk menjaga sistem kekebalan tubuh seperti itu, belum juga cukup. Tubuhmu juga perlu asupan lain.

Pendorong itu bisa berasal dari makanan, seperti buah, sayur, dan biji-bijian. Seperti dilansir dari The Active Times, berikut beberapa rekomendasi makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu:

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pisang

Pisang dapat meningkatkan energi, karena menjadi sumber karbohidrat yang sehat. Selain itu, kandungan kaliumnya juga penting untuk otot dan ginjal. Pisang juga tinggi B6, vitamin yang bermanfaat bagi fungsi kekebalan tubuh.

3 dari 6 halaman

Stroberi

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal Food & Function disebutkan stroberi adalah sumber vitamin yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan pencegahan penyakit.

Warna merah yang cerah menunjukkan konsentrasi antioksidan yang tinggi, dan bagus untuk sistem kekebalan tubuh.

4 dari 6 halaman

Jeruk

Jeruk, bukan lagi rahasia umum, mengandung vitamin C dan sangat penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Dan, tubuh sendiri sebenarnya tidak bisa memproduksi vitamin C secara alami.

Salah satunya dengan mengonsumsi suplemen vitamin C yang dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Itu karena vitamin C dapat membantu memproduksi sel darah putih yang mampu melindungi tubuh terhadap infeksi.

Vitamin C merupakan antioksidan yang melindungi biomolekul penting dalam tubuh, seperti protein, lipid, karbohidrat, dan asam nukleat, dari kerusakan oksidan yang dihasilkan selama metabolisme sel normal dan melalui paparan racun dan polutan.

5 dari 6 halaman

Tuna

Salah satu makanan terbaik untuk menurunkan berat badan adalah tuna karena tinggi asam lemak omega-3. Selain itu, tuna juga terbukti membantu menangkal depresi dan penurunan kognitif.

Kandungan Omega-3 juga dalam tuna juga membantu melawan peradangan, penyakit jantung, dan berkontribusi pada sistem kekebalan yang kuat.

6 dari 6 halaman

Bayam

Bayam ada baiknya dikonsumsi lebih sering di masa pandemi seperti sekarang ini. Sayuran ini menawarkan banyak manfaat, mulai dari mengatasi rabun senja hingga pembekuan darah. Bayam juga kaya vitamin dan mineral serta nutrisi penting lainnya untuk fungsi kekebalan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.