Sukses

ONE Championship : Asah Kemampuan, Eko Roni Berlatih di Singapura

Eko Roni Saputra berlatih di Singapura demi meraih kesuksesan di ONE Championship.

Liputan6.com, Jakarta Petarung kelas flyweight ONE Championship Eko Roni Saputra berusaha terus mengasah kemampuannya. Mantan Juara Gulat Nasional Indonesia beberapa kali yang berasal dari Samarinda di pulau Kalimantan ini pindah ke Singapura untuk bergabung dengan Evolve MMA demi mengejar karier seni bela diri campuran profesional bersama ONE Championship.

Sejak melakukan debutnya di Circle pada 2019, Eko benar-benar sukses memenangkan empat dari lima kontesnya - semuanya dengan penyelesaian. Keberhasilannya yang luar biasa, bagaimanapun dapat dikaitkan dengan fasilitas luar biasa yang tersedia baginya di Evolve dan rekan setim kelas dunia yang harus bekerja bersama dengannya.

“Saya sudah berlatih di Evolve MMA cukup lama sekarang. Bekerja dengan berbagai juara dunia disini jelas merupakan berkah. Saya tahu dalam karier seni bela diri campuran saya bahwa akan membutuhkan upaya yang luar biasa untuk mencoba dan mengubah diri saya sebagai seorang petarung. Evolve memiliki begitu banyak juara dunia luar biasa dalam gaya bertarung yang berbeda. Saya beruntung berada di sini dan memiliki sumber daya yang tersedia untuk saya,” kata Eko.

“Legenda Muay Thai seperti Nong-O, Sam-A, dan Kru Rong [Dejdamrong Sor Amnuaysirichoke], telah membantu saya mengembangkan striking saya di Circle, sementara Juara Dunia Tinju WBA Drian Francisco membantu saya pada bagian tangan. Mereka semua telah membantu saya menjadi petarung seperti saya hari ini.”

Francisco, khususnya seorang superstar tinju di Filipina yang telah berlatih di bawah asuhan Manny “Pacman” Pacquiao yang legendaris, telah memberikan pengaruh besar pada peningkatan Eko dengan tangannya.

Saksikan Video Menarik Berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Pelatih

Petarung yang dikenal sebagai "Gintong Kamao" (Tinju Emas) ini menceritakan bagaimana rasanya melatih Eko cara bertinju.

“Saat saya pertama kali bekerja dengan Eko setahun lalu, dia sangat mentah. Hal pertama yang saya perhatikan adalah kekuatannya yang luar biasa. Eko mudah meledak dan sangat kuat, dia berperawakan seperti truk. Kemungkinan besar itu dari latar belakang gulatnya, tapi dia sangat kuat,” kata Francisco.

“Saya telah bekerja dengannya selama lebih dari setahun sekarang, dan dia adalah petarung yang sangat berbeda sekarang. Dia memiliki kepercayaan diri dalam menggunakan tangannya. Dia cepat, eksplosif, dan memiliki teknik mengalir. Dia mulai dari hampir tidak memiliki pengalaman, hingga sekarang menjadi petinju yang sangat terampil. Saya pikir kombinasi gulat dan striking adalah formula yang sempurna. Dia menjadi petarung yang sangat berbahaya.”

Tapi bukan hanya Francisco yang dipelajari Eko. Ada juga sejumlah atlet seni bela diri terkenal yang telah turun ke gelanggang di Evolve, dari Juara Dunia ONE Women's Atomweight "Unstoppable" Angela Lee, dan mantan Juara Dunia UFC Flyweight Demetrious "Mighty Mouse" Johnson, bahkan hingga legenda seperti Georges St-Pierre dan Renzo Gracie.

3 dari 3 halaman

Tak Kesulitan

Eko mengatakan dengan hanya berada dihadapan mereka dan mengamati mereka dari jauh dan bagaimana mereka berlatih telah menjadi kunci pembelajaran dan perkembangannya sebagai seorang petarung.

“Menjadi rekan satu tim dengan para petarung seperti Angela [Lee], DJ [Johnson], dan hanya dengan melihat mereka berlatih dalam elemen mereka, itu benar-benar telah banyak membantu saya dalam karir saya. Hanya mengambil inspirasi dari mereka, dan melihat betapa kerasnya mereka bekerja, itu mengajari saya banyak hal tentang apa yang diperlukan untuk mencapai puncak dalam game ini,” kata Eko.

"Saya hanya fokus untuk menjadi versi terbaik dari diri saya yang mungkin saya bisa, dan saya tidak akan berada di tempat saya hari ini tanpa semua orang yang telah membantu saya selama ini.”

Meskipun ia merindukan rumah, keluarga, dan teman-temannya di Indonesia, Eko tetap berada di Singapura melalui kentalnya pandemi global, dimana ia dan keluarganya relatif aman dari jangkauan luas COVID-19.

“Sangat mudah untuk hidup di Singapura. Singapura telah menangani pandemi dengan cukup baik. Protokol yang diperlukan sudah ada dan orang-orang memiliki disiplin. Itu adalah upaya bersama, tetapi kami mampu mencegah pandemi dengan cukup efektif. Saya juga sangat senang keluarga saya ada disini bersama saya agar saya tidak rindu kampung halaman,” kata Eko.

Eko saat ini sedang menunggu tugas berikutnya di ONE Circle. Dia diharapkan segera melihat aksi. Dia juga muncul sebagai cameo di episode serial reality show mendatang "The Apprentice: ONE Championship Edition", bersama dengan rekan satu tim dari Evolve MMA.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.