Sukses

Ragam Manfaat Penting Rutin Jalan Kaki, Usir Stres Sampai Bikin Panjang Umur

Terlihat praktis dan mudah, namun ternyata aktivitas jalan kaki memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh dan pikiran.

Liputan6.com, Jakarta Terlihat praktis dan mudah, namun ternyata aktivitas jalan kaki memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Terlebih jika dilakukan secara rutin dan konsisten, dengan berjalan kaki, Anda dapat menurunkan berat badan dan risiko obesitas.

Berjalan kaki yang kurang dari 5.000 langkah setiap harinya menandakan gaya hidup sedenter atau kurang gerak. Sedangkan, jika berjalan kaki lebih dari 10.000 langkah, itu dapat meningkatkan pembakaran lemak yang akhirnya bisa menurunkan berat badan. Diperkirakan, dengan berjalan kaki setidaknya 10.000 langkah, Anda bisa menurunkan berat badan hingga 2 kg!

Selain berat badan bisa turun, rutin jalan kaki juga sangat baik bagi orang yang tekanan darahnya tinggi. Kegiatan ini dapat mengurangi tekanan darah sistolik hingga sekitar 3,8 mmHg dan tekanan darah diastolik 0,3 mmHg.

Menguatkan otot dan sendi

Ketika seseorang berjalan kaki, serangkaian gerakan dan mobilitas yang dilakukan dapat memperlancar aliran darah di seluruh tubuh, sehingga menguatkan otot, sendi dan tulang. Selama berjalan kaki, cairan sendi yang mengandung nutrisi akan terus berproduksi, sehingga baik untuk menjaga kesehatan sendi. Jika jarang berjalan kaki, maka cairan ini tidak akan terproduksi dengan banyak dan membuat kualitas sendi dapat berkurang.

Stres berkurang dan mood lebih baik

Menurut Anxiety and Depression Association of America, jalan kaki selama 10 menit mungkin sama efektifnya dengan olahraga 45 menit dalam hal menurunkan kekhawatiran dan depresi. Lalu, dengan bergerak, kadar kortisol (hormon stres) bisa menurun.  Selain dapat mengurangi stres, olahraga – termasuk jalan kaki – secara positif memengaruhi bagian otak yang bertanggung jawab dalam mengatur suasana hati.

Bikin panjang umur

Studi oleh Harvard dalam jurnal JAMA Internal Medicine pada Mei 2019, meneliti 16.000 partisipan wanita dengan usia lebih tua. Hasilnya, mereka yang berjalan kaki 4.400 langkah per hari memiliki angka kematian yang secara signifikan lebih rendah dibanding wanita yang secara fisik tidak aktif.

Manfaat lebih terasa bila jalan kaki lebih dari 7.500 langkah. Studi dalam jurnal Medical Journal of Australia menemukan, orang yang jalan kaki hingga 8.800 langkah per hari, rata-rata menghabiskan waktu lebih sedikit di rumah sakit hingga 30 persen, dibanding orang dengan jumlah langkah kaki setengahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meningkatkan kesehatan jantung

Berjalan kaki dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 31 persen, bahkan mengurangi risiko kematian sebesar 32 persen. Manfaat ini sungguh baik, bahkan bila Anda sekadar berjalan santai dengan kecepatan sekitar 3,2 km per jam. Orang-orang yang berjalan lebih jauh, berjalan dengan kecepatan lebih cepat, atau keduanya, menikmati perlindungan terhadap sakit jantung yang lebih besar. Tak hanya masalah jantung, aktivitas jalan kaki juga membantu mengurangi risiko kanker dan penyakit diabetes.

Jalan cepat sama seperti aktivitas intensitas sedang

American Cancer Society merekomendasikan agar orang dewasa mendapatkan setidaknya 150 menit aktivitas dengan intensitas sedang atau 75 menit setiap minggu. Jika itu lebih dari yang dapat Anda lakukan sekarang, lakukan sebanyak yang Anda bisa dan tingkatkan. Bahkan hanya 5 menit aktivitas fisik memiliki manfaat kesehatan yang nyata.

Meskipun sedikit berjalan itu baik, lebih banyak bahkan lebih baik. Semakin cepat, lebih jauh, dan lebih sering Anda berjalan, semakin besar manfaatnya. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa jumlah langkah yang lebih tinggi dikaitkan dengan tingkat kematian yang lebih rendah akibat penyakit jantung dan kanker.

3 dari 3 halaman

Siapkan dirimu

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari berjalan kaki, pastikan Anda siap sebelum berangkat. 

  • Tetapkan tujuan berapa lama Anda ingin berjalan.
  • Pastikan Anda mengenakan alas kaki yang nyaman dan mendukung dengan kotak kaki yang lapang.
  • Lakukan pemanasan dengan berjalan lambat selama kurang lebih 5 menit.
  • Akhiri dengan berjalan perlahan selama kurang lebih 5 menit dan peregangan. Ini mendinginkan Anda dan mengurangi stres pada otot Anda.
  • Jalan kaki bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk berolahraga dan tetap sehat.

Anda bisa berjalan sendiri, dengan hewan peliharaan, atau dengan pasangan. Anda juga dapat mencoba mengobrol dengan seseorang di perangkat handsfree sambil berjalan. Yang Anda butuhkan hanyalah sepasang sepatu yang bagus dan tempat yang aman untuk berjalan. 

Untuk bantu dukung sehat dan gerak aktifmu minum susu setiap hari dengan kandungan Kalsium Tinggi, Kolagen + Vitamin C, Protein PLUS nutrisi lebih yaitu kandungan serat tinggi, sumber kalium, dan tanpa penambahan gula.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.