Sukses

Piala Menpora 2021, Zainuddin Amali Sebut Bantuan ke PSSI Sudah Sesuai Aturan

Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali menegaskan, campur tangan pihaknya dalam turnamen Piala Menpora 2021 sudah sesuai.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali menegaskan, campur tangan pihaknya dalam turnamen Piala Menpora 2021 sudah sesuai. Hal itu disampaikannya dalam jumpa pers di Kantor Kemenpora di Jakarta, Jumat (19/2/2021) WIB.

"Ini adalah tugas Menpora, sesuai dengan Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional Nomor 3 tahun 2005," kata Menpora.

Jumpa pers itu berkaitan dengan penyerahan izin penyelenggaraan turnamen sepak bola pramusim Piala Menpora 2021. Turnamen tersebut bertajuk Piala Menpora.

Seperti diketahui, pihak kepolisian telah memberi lampu hijau bagi PSSI untuk menggelar pertandingan sepak bola. Namun PSSI belum dapat kembali memulai Liga 1 dan Liga 2 musim kompetisi 2021.

Sebagai gantinya, turnamen Piala Menpora pun bakal digelar pada 20 Maret hingga 25 April 2021. Sebanyak 18 klub Liga 1 dan 2 klub Liga 2 diharapkan ikut serta dalam turnamen yang berlangsung di Solo, Bandung, Sleman, dan Malang.

 

Saksikan Video Menpora di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerjasama dengan PSSI dan LIB

Menpora mengatakan, Kemenpora tidak bisa membiarkan ada cabang olahraga yang kesulitan untuk kembali berkegiatan. Dalam sepak bola, Menpora juga mengungkapkan Kemenpora terus berkomunikasi dengan PSSI dan PT. Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi.

"Ketum dan pengurus PSSI, dirut dan pengurus LIB tidak tinggal diam. mereka berusaha, mereka bersama-sama dengan kita. Tolong ini dipahami oleh pemilik klub," kata Menpora.

3 dari 3 halaman

Disusul Perbasi dan IBL

Lebih lanjut, Menpora juga tak menutup pintu bagi cabang olahraga lain yang ingin meminta bantuan untuk mengajukan izin kepada pihak kepolisian. Menurut Menpora, terdekat ada Perbasi dan IBL (basket) yang juga ingin kembali menggelar kompetisi.

"Yang sudah menyampaikan permohonan Perbasi dan IBL. Yang lain belum," kata Menpora mengakhiri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.