MU Akhirnya Temukan Opsi Pemain Pengganti Bruno Fernandes

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 12 Feb 2021, 14:30 WIB
Diperbarui 12 Feb 2021, 14:30 WIB
MU vs Everton
Perbesar
Bruno Fernandes dari Manchester United, tengah, merayakan gol kedua timnya dalam pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Everton di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Sabtu 6 Februari 2021. (Michael Regan / Pool via AP

Liputan6.com, Jakarta Manchester United atau MU sangat bergantung pada Bruno Fernandes. Kini mereka berjuang untuk menemukan seseorang yang bisa menggantikannya dalam beberapa pertandingan.

Harapan Itu tidak tercermin secara brilian pada Donny van de Beek, meskipun dalam tiga pertandingan terakhir MU dia menjadi starter dengan peran lini tengah yang biasanya ditempati Bruno Fernandes.

Peran sentral Fernandes memang sangat menonjol. Saat bertemu West Ham United pada bulan Desember, United tertinggal satu gol di babak pertama ketika Fernandes dipanggil untuk menggantikan Van de Beek.

Fernandes kemudian mencetak gol dan membawa MU menang 3-1. Di putaran keempat Piala FA bulan lalu, Fernandes juga mencetak gol kemenangan.

Lalu ada kemenangan putaran kelima Piala FA melawan West Ham pada Selasa lalu. Kali ini dibutuhkan waktu 73 menit sebelum perubahan dilakukan MU. Sekali lagi mereka memenangkan pertandingan.

2 dari 6 halaman

Kesabaran

Donny Van de Beek
Perbesar
Donny Van de Beek saat menjalani latihan dengan Manchester United (twitter/manchester united)

Ada banyak kesabaran untuk Van de Beek dan penjelasan yang tidak ada habisnya tentang mengapa musim pertamanya di Old Trafford tidak berjalan dengan baik. Bahkan, ketika mereka mencoba untuk mengistirahatkan Fernandes, MU tidak bisa mengandalkannya.

Hanya ada dua pertandingan musim ini - kemenangan Piala EFL di Brighton dan kesuksesan Piala FA melawan Watford - yang tidak pernah dimainkan Fernandes.

3 dari 6 halaman

Ketergantungan

Mancehster United Bawa Pulang 1 Poin dari Markas Liverpool
Perbesar
Bek Liverpool, Fabinho berusaha memblokir tembakan gelandang Manchester United, Bruno Fernandes pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Senin (18/1/2021). Dengan hasil imbang ini, MU masih kokoh dipuncak klasemen. (Michael Regan/Pool via AP)

Ketergantungan pada bakatnya yang luar biasa memang dapat dimengerti. Fernandes adalah jantung tim dan lebih mungkin menjadi sumber gol, baik dengan mencetaknya sendiri atau menciptakannya untuk orang lain.

Namun, mengandalkan satu pemain luar biasa sama sekali bukan sesuatu yang hanya terjadi pada MU. Setiap tim akan merindukan hadiah dari pemain seperti Fernandes.

4 dari 6 halaman

Rekor Cedera

Bruno Fernandes - Manchester United
Perbesar
Bruno Fernandes berselebrasi usai mencetak gol kedua Manchester United (MU) ke gawang Leicester City dalam laga Boxing Day Liga Inggris di King Power Stadium, Sabtu (26/12/2020).(Carl Recine/Pool via AP)

Sejak tiba di Old Trafford lebih dari 12 bulan lalu, rekor cederanya luar biasa, tetapi ada kalanya Solskjaer ingin mengistirahatkannya, seperti yang dia coba lakukan dengan memberi Van de Beek sebagai starter di Piala FA.

Bukti sejauh ini menunjukkan bahwa Van de Beek sedang berjuang untuk hampir meniru pengaruh Fernandes. Sementara itu, seiring dengan waktu, apa yang dibutuhkan MU dari seseorang yang dapat mengambil alih posisi Fernandes adalah Scott McTominay.

Lulusan akademi ini telah memainkan peran itu sebelumnya di bawah Solskjaer. Dan semua 14 golnya untuk United berada di bawah asuhan pelatih asal Norwegia itu.

5 dari 6 halaman

Pernah Jadi Striker

Gol Tunggal Scott McTominay Bawa MU Melaju ke Perempat Final Piala FA
Perbesar
Striker MU, Edinson Cavani (tengah) membawa bola dari kawalan bek West Ham United Aaron Cresswell (kiri) dan gelandang Said Benrahma pada pertandingan perdelapan final Piala FA di Old Trafford, Inggris (10/2/2021). Kemenangan ini membuat MU lolos ke perempat final Piala FA. (Michael Regan/POOL/AFP)

McTominay pernah bermain sebagai striker di tim junior United, dan tekniknya dalam menembak dari tepi kotak penalti sangat bagus.

McTominay kini telah mencetak gol dalam tiga pertandingan terakhirnya di MU dan memiliki enam gol dalam 14 penampilan terakhirnya. Musim ini dia memiliki lebih banyak gol yang disatukan oleh Van de Beek, Paul Pogba, Fred dan Nemanja Matic.

Pemain asal Skotlandia itu jelas merupakan pemain yang berbeda dengan Fernandes, tetapi ia mungkin memiliki atribut untuk tetap memiliki pengaruh dalam peran lini tengah menyerang dan bisa menjadi Rencana B yang ideal dalam skuad ini.

6 dari 6 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓