Sukses

Profil Singkat Tigres UANL, Calon Lawan Bayern Munchen di Final Piala Dunia Antarklub 2020

Tigres UANL punya striker subur yang menjadi kunci kesuksesan mereka menembus final Piala Dunia Antarklub 2020.

Liputan6.com, Jakarta Klub Meksiko, Tigres UANL mengukir sejarah, lolos ke babak final Piala Dunia Antarklub 2020 untuk kali pertama setelah mengandaskan perlawanan Klub Brasil Palmeiras senin (8/2/2021). Laga ini digelar di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar, dan berakhir dengan kemenangan 1-0 bagi wakil Mexico.

Tigres satu-satunya klub CONCACAF (Federasi Sepakbola Amerika Utara & Karibia) yang mampu ke partai puncak Piala Dunia Antarklub setelah sebelumnya dikuasai klub-klub Eropa dan Amerika Selatan.

Tigres de la Universidad Autonoma de Nuevo Leon atau disingkat Tigres UANL, didirikan pada 1960 merupakan klub sepak bola profesional asal Meksiko yang bermain di kompetisi kasta tertinggi, Liga MX. Klub ini berbasis di Kota San Nicolas de los Garza di wilayah Monterrey.

Tigres menjadi satu dari sedikit tim asal Meksiko yang belum pernah terdegradasi di liga. Hingga saat ini Tigres sudah berhasil meraih tujuh gelar Liga MX dan tiga gelar Copa MX.

Musim lalu, Tigres berhasil menjuarai Champions League CONCACAF untuk pertama kalinya dalam sejarah setelah berhasil mengalahkan klub MLS, Los Angeles FC dengan skor 2-1 partai final. Capaian ini membawa klub asal Mexico tersebut berhak mewakili CONCACAF di ajang Club World Cup 2020.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemain Kunci

Keberhasilan Tigres saat ini tidak lepas dari permainan apik tim dan adanya sosok striker mematikan asal Prancis, Andrea-Pierre Gignac. Striker nomor satu Tigres ini berjasa mempersembahkan tiga gelar liga domestik dan satu Liga Champions CONCACAF. Legenda sepakbola Brazil, kaka menyebut Gignac adalah sosok penting dalam tim-nya dan tidak akan mudah menghentikannya dalam pertandingan.

"Andre-Pierre Gignac adalah penting sosok penting bagi Tigres," katanya. 

"Dia yang mengatur laju permainan. Secara teknis dia berhasil memeosan saya. Dia memimpin tim. (dia tahu) kapan harus mempercepat dan memperlambat permainan. Dia menentukan. Tidak mudah untuk menghentikannya mencetak gol, " ucap kaka seperti dikutip dari FIFA.com.

 

3 dari 3 halaman

Bertemu Bayern Munchen

Tigres berhasil melaju ke partai Final CWC 2020 setelah menyingkirkan Ulsan Hyundai di perempat final dan Palmeiras di semifinal. Tigers bakal menghadapi raksasa eropa Bayern Munchen. Sebelumnya, kedua klub belum pernah bertemu di kompetisi resmi dan ini akan menjadi duel perdana mereka. Laga ini akan di gelar di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar Jum'at dini hari (12/02/2021).

Penulis: Akbar Bintang F

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.