Sukses

Paparkan Rencana Kompetisi 2021, PSSI Tunggu Respons Polri

PSSI bertemu Kementerian Pemuda dan Olahraga, Polri, Gugus Tugas Covid-19, dan KONI di kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (10/2/2021).

Liputan6.com, Jakarta - PSSI menunggu respons Kepolisian RI setelah memaparkan rencana gelaran kompetisi sepak bola 2021 di tengah pandemi Covid-19.

Dalam pertemuan bersama operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB), Kementerian Pemuda dan Olahraga, Polri, Gugus Tugas Covid-19, dan KONI di kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (10/2/2021), PSSI menjelaskan berbagai persiapan agar mendapat lampu hijau.

"Kami paparkan secara lengkap jadwal turnamen dan kompetisi apabila diizinkan. Selain itu, kami juga tampilkan video protokol kesehatan," kata Ketua Umum Mochamad Iriawan.

"Izin tergantung kepolisian, karena tugas kami menyampaikan protokol kesehatan. Catatan, suporter yang jadi perhatian luar biasa, kami bilang ke suporter dengan hormat, apabila diizinkan tanpa penonton."

"Suporter tidak boleh kerumunan atau nobar. Bisa dievaluasi lagi izinnya. Cukup nonton di televisi. Kami serahkan ke kepolisian. Hari ini belum ada keputusan izinnya. Kami tunggu pengumuman dari kepolisian," tambahnya dilansir situs resmi PSSI.

Selain kompetisi resmi, PSSI juga menyusun program turnamen pramusim. Bila Polri memberikan izin, ajang ini akan digelar pada Maret atau April.

Saksikan Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Reaksi Menpora

Menpora Zainudin Amali berharap keputusan terbaik diambil. Dia menegaskan jawaban tidak mungkin langsung keluar karena membutuhkan berbagai pertimbangan.

"Kami telah mendengarkan pemaparan dari PSSI dan PT LIB untuk pelaksanaan kegiatan olahraga sepak bola. Baik rencana penyelenggaraannya, maupun pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dan disiplin. Kemudian direspons dan dikomentari oleh BNPB, Satgas Covid-19, KONI, dan Polri," kata Zainudin Amali.

“Dari apa yang disampaikan secara umum, tentu kami mendapat gambaran tentang kesiapan PSSI dan PT LIB. Dan ini menjadi bahan untuk Polri untuk mempelajari dan mengkaji, apabila masih ada hal yang perlu dikordinasikan, tentunya masih ada waktu," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Sejak Maret 2020

Kompetisi sepak bola Indonesia terhenti sejak Maret tahun lalu. Sempat berniat digulirkan kembali, musim 2020 akhirnya dibatalkan karena berlarut-larut. 

PSSI kemudian mengutarakan niat memulai kembali kompetisi baru sembari menunggu izin Polri. 

Kondisi Indonesia berbeda dengan negara-negara lain yang sudah menggulirkan kembali kompetisi olahraga. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.