Sukses

Baca Puisi di Super Bowl LV, Amanda Gorman Ukir Sejarah

Sebelumnya, Amanda Gorman juga dipercaya membacakan puisi pada malam pelantikan Presiden AS, Joe Biden.

Liputan6.com, Jakarta Sejarah baru tercipta pada ajang Super Bowl LV yang berlangsung di Raymond James Stadium, Senin pagi WIB (8/2/2021). Untuk kali pertama, penyair mendapat kesempatan membaca puisi jelang laga. 

Adalah Amanda Gorman yang memberi warna bagi partai puncak olahraga paling populer di Amerika Serikat tersebut. Wanita berkulit hitam ini naik ke mimbar untuk membacakan puisi berjudul Chorus of the Captains" yang berisi ucapan terima kasih kepada para petugas medis yang berada di garda terdepan penanganan pandemi COVID-19 dan 3 kapten kehormatan yang dipilih NFL. 

"Hari ini kami menghormati ketiga kapten kami atas tindakan dan dampak mereka di masa ketidakpastian. Mereka telah mengambil kebutuhan, melampaui semua harapan dan batasan, mengangkat komunitas dan tetangga mereka, penyembuh dan pendidik," ujar Gorman di atas mimbar. 

Ketiga kapten kehormatan yang dipilih NFL terdiri dari personel marinir AS, James Martin, perawat ICU COVID-19, Suzie Dorner, dan pengajar Trimaine Davis. Ketiganya dianggap memiliki peran penting dalam menghadirkan kebaikan di tengah-tengah kondisi pandemi COVID-19 yang tidak menentu. 

Gorman pertama kali mencuri perhatian saat tampil pada malam inagurasi presiden terpilih AS, Joe Biden. Saat itu, wanita berusia 22 tahun itu membacakan puisi berjudul "The Hill We Climb". Sejak saat itu, namanya terus meroket dan tampil di sejumlah media dan menjadi sampul majalah Times. 

Dia juga menandatangani kontrak dengan IGM Model dan tiga buku karangannya langsung laris manis. 

NFL sendiri sudah menjalin kontak dengan Gorman sejak beberapa bulan lalu. Karya-karyanya yang luar biasa telah memikat petinggi NFL dan memintanya untuk tampil di Super Bowl LV

"Kami pertama kali bertemu tim Amanda pada awal November dan bersamanya di akhir bulan. Jadi kami sudah familiar dengan kemampuan dan kekuatannya," kata Matt Shapiro, wakil presiden NFL untuk bidang strategi event kepada USA Today Sports seperti dikutip Senin (8/2/2021).

"Kami di liga adalah fans berat karya-karyanya dan kami yakin dia sosok yang tepat membawa kekuatan dan persatuan ke dalam momen unik di tahun yang belum pernah terjadi ini."

 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan Aji Mumpung

Gorman sangat antusias menyambut kepercayaan yang diberikan NFL. Lewat akun Twitter-nya, Gorman juga menjelaskan, kalau perannya tampil di ajang Super Bowl LV, bukan aji mumpung. Menurutnya, pembicaraan untuk momen ini sudah dilakukan sebelum malam pelantikan Biden.

Namun dia tidak bisa menyampaikannya langsung sebelum ada pengumuman resmi dari NFL.

"Saya juga ingin menjadi orang pertama yang mengatakan bahwa meskipun kesempatan kelihtan datang dari ketenaran malam pelantikan (Joe Biden), saya sebenarnya telah berbicara dengan Super Bowl selama berminggu-minggu lalu, jauh sebelum saya diundang ke pelantikan," katanya.

"Saya harus merahasiakan itu sampai saat ini," bebernya. 

Selain Gorman, Super Bowl LV juga dimeriahkan oleh penampilan Miley Cyrus dan Weeknd. Tampa Bay Buccaneers keluar sebagai juara setelah mengalahkan Kansas City dengan skor 31-9. Dalam duel ini, pemain veteran Tampa Bay, Tom Brady juga berhasil meraih gelar MVP kelima sepanjang kariernya.  

3 dari 3 halaman

Salinan Puisi Amanda Gorman

“Today we honor our three captainsFor their actions and impact inA time of uncertainty and need.They’ve taken the lead,Exceeding all expectations and limitations,Uplifting their communities and neighborsAs leaders, healers and educators.

James has felt the wounds of warfare,But this warrior still sharesHis home with at-risk kids.During Covid, he’s even lent a handLive-streaming football for family and fans.

Trimaine is an educator who works nonstop,Providing his community with hotspots,Laptops, and tech workshops,So his students have all the toolsThey need to succeed in life and in school.

Suzie is the ICU nurse manager at a Tampa hospital.Her chronicles prove that even in tragedy, hope is possible.She lost her grandmothers to the pandemic,And fights to save other lives in the ICU battle zone,Defining the frontline heroes risking their lives for our own.

Let us walk with these warriors,Charge on with these champions,And carry forth the call of our captains!We celebrate them by actingWith courage and compassion,By doing what is right and just.For while we honor them today,It is they who every day honor us.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.