Sukses

Bola Ganjil: Transformasi 12 Bulan di Bokelbergstadion

Simak cerita dua duel Borussia Monchengladbach dan Schalke dalam kurun setahun yang berujung hasil kontras.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak yang bisa terjadi dalam kurun waktu 12 bulan. Serangkaian lewatnya momen pun menghadirkan perubahan.

Dinamika ini terlihat dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk di olahraga khususnya sepak bola.

Jangankan satu tahun. Boxing Day Liga Inggris 1963 menunjukkan hasil kontras antara dua tim yang bertanding hanya dalam hitungan hari.

Salah satu bukti jelas teori ini juga terlihat di Bundesliga. Bertarung di tempat sama terpisahkan satu tahun, kedua tim yang beraksi merasakan hasil berbeda.

Ini adalah ceritanya:

Saksikan Video Bundesliga Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemenangan Bersejarah

Pada 7 Januari 1967, peringkat lima Borussia Monchengladbach menjamu Schalke 04 yang duduk di urutan 13 klasemen sementara. Meski peringkat terlihat jauh, kedua tim sebenarnya hanya dipisahkan empat angka.

Maka tidak ada yang menyangka peristiwa yang terjadi di Bokelbergstadion.

Tuan rumah tancap gas dan sudah unggul empat gol di babak pertama, dua di antaranya disumbang Bernd Rupp. Angka lain datang dari Jupp Heynckes dan Herbert Laumen.

Monchengladbach lalu mencetak tujuh gol tambahan selepas jeda. Gunter Netzer tidak mau ketinggalan dari rekan dan dua kali merobek gawang lawan. Sedangkan Rupp, Laumen, dan Heynckes masing-masing melengkapi hattrick.

Hingga kini hasil 11-0 jadi salah satu kemenangan terbesar sepanjang sejarah Die Fohlen, hanya kalah dari pesta gol 12-0 saat menghajar Borussia Dortmund pada 29 April 1978.

Sebaliknya, pertandingan di Bokelbergstadion jadi kekalahan terbesar Schalke sepanjang masa.

3 dari 4 halaman

Pembalasan Schalke

Waktu dipercepat setahun kemudian. Monchengladbach kembali menjamu Schalke pada 6 Januari.

Posisi mereka kurang lebih sama seperti 12 bulan sebelumnya. Monchengladbach merupakan salah satu tim papan atas dengan Schalke berkutat di zona berbahaya. Keduanya dipisahkan delapan angka.

Kejutan kembali terjadi. Kali ini Schalke yang mencetak lima gol melalui Hans-Jurgen Wittkamp (2), Hermann Erlhoff, Manfred Pohlschmidt, dan Willi Kraus.

Netzer sempat memperkecil skor, sebelum Pohlschmidt mencetak gol kedua bagi tim tamu. Schalke menang 6-1.

4 dari 4 halaman

Perubahan Schalke

Keterpurukan Monchengladbach terasa mengherankan karena komposisi tim tidak jauh berbeda. Sebanyak tujuh pemain tampil di dua laga, termasuk pencetak hattrick Laumen dan Netzer.

Sedangkan Schalke memang melakukan banyak perubahan. Setelah dipermalukan pada partai pertama, Klaus Senger, Friedel Rausch, dan Gerhard Neuser bisa tersenyum karena mampu membalas.

Bisa dilihat pula seluruh pencetak gol kemenangan Schalke pada duel 1968 tidak merumput setahun sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.